Cara Turunkan Darah Tinggi Tanpa Gunakan Obat

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang sering tidak disadari oleh penderita nya. Kondisi ini sering dianggap sepele padahal memiliki resiko yang tidak segera diatasi.

Dengan mengetahui cara menurunkan darah tinggi, bertujuan supaya hidup lebih sehat dan terhindar dari komplikasi berbahaya lainnya seperti jantung dan stroke.

Selain mengkonsumsi obat penurun tekanan darah, ada cara lain yang dapat dilakukan. Yaitu menerapkan pola hidup sehat demi mencegah sekaligus mengendalikan Tensi yang tinggi. Berikut langkahnya

  1. kurangi berat badan

Orang dengan kelebihan berat badan rentan memiliki tekanan darah tinggi. Memiliki tubuh gemuk bahkan menuju obesitas maka sangat disarankan untuk mengurangi berat badan.

2. Batasi gula dan karbohidrat

Sejumlah penelitian mencatat bahwa mengurangi gula dan karbohidrat olahan dapat menurunkan tekanan darah sekitar 4,5-5,9mmHg.

3. Kurangi garam

Orang dengan tekanan darah tinggi juga perlu mengurangi garam, karena mengandung sodium yang dapat memacu tekanan darah.

4. Konsumsi dark chocolate

Coklat hitam atau dark chocolate dengan kandungan kah kau sebanyak 60 hingga 70% bisa menurunkan tekanan darah tinggi karena memiliki kandungan flavonoid.

5. Jalan kaki

Aktivitas fisik seperti jalan kaki dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena membuat jantung lebih kuat. Jalan kaki dapat dilakukan setiap pagi atau sore hari.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan