Cara Supaya Anak Tak Gampang Sakit Selama Musim Hujan

Jakarta, KabarBerita.id — cuaca ekstrim seperti sekarang berpotensi memicu kemunculan berbagai macam penyakit. Orang tua perlu semakin waspada supaya anak anak tidak sampai terinfeksi penyakit selama musim dingin.

Dokter spesialis penyakit anak Nina Dwiputri mengatakan bahwa penyakit umumnya disebabkan oleh air yang terkontaminasi dan kebersihan lingkungan yang menurun.

Hal yang perlu diperhatikan supaya anak tidak gampang sakit selama musim hujan antara lain

1. Edukasi anak supaya tidak jajan sembarangan

Aneka camilan yang dijual bebas selalu menggoda untuk dicoba dan anak anak muda sekali tertarik apalagi harganya murah. Namun Anggraini menyarankan supaya orang tua mencegah hal tersebut supaya menjaga asupan gizi anak terpenuhi.

2. Mencuci tangan

Saat ini mencuci tangan telah menjadi salah satu senjata untuk terhindar dari virus Corona. Akan tetapi orang tua masih perlu terus mengingatkan anaknya supaya mencuci tangan dengan sabun dan air terutama sebelum dan sesudah makan serta setelah bermain di luar rumah.

3. Ganti baju dan mandi setelah bermain di luar rumah

Lumpur dan kenangan air bisa terkontaminasi sehingga dapat menimbulkan infeksi penyakit. Untuk wilayah yang rawan banjir dapat mendatangkan kenangan dan merusak saluran air serta limbah.

Anak anak biasanya bermain di luar tanpa mengetahui adanya bahaya yang mengintai. Selalu ingatkan anak untuk mandi dan ganti baju setelah bermain dari luar rumah.

Tinggalkan Balasan