Cara Lindungi Anak yang Belum Vaksin dari Omicron

Jakarta, KabarBerita.id — Selain protokol kesehatan, saat ini vaksin Covid-19 memang jadi andalan untuk memberikan perlindungan buat tubuh. Hanya saja, saat ini vaksin belum menyentuh semua usia.

Anak-anak usia di bawah 6 tahun belum memperoleh rekomendasi vaksin Covid-19. Oleh karenanya, orang tua harus mengupayakan perlindungan buat putra-putrinya yang masih balita.

Lalu, bagaimana langkah perlindungan untuk anak yang belum vaksin dari Covid-19 Omicron.

Dokter spesialis penyakit dalam, Prasna Pramita memberikan beberapa cara untuk melindungi anak, terutama usia balita, dari paparan Covid-10 varian Omicron. Berikut cara lindungi anak yang belum vaksin dari Omicron.

1. Batasi anak keluar rumah

Orang tua mungkin agak putus asa sebab melihat anak bosan di rumah, melakukan kegiatan yang sama terus-menerus, dan anak sama sekali tidak melihat ‘dunia luar’.

Namun, kata Prasna, langkah ini penting untuk meminimalisir risiko anak terpapar virus SARS-CoV-2.

Sementara itu, Jennifer Kwan, dokter keluarga di Ontario, Kanada, menambahkan risiko paparan meningkat seiring banyaknya kontak sosial dan durasi interaksi.

“Ini juga diperparah dengan status vaksinasi, masker yang tepat, ventilasi, jenis aktivitas, dan prevalensi di masyarakat setempat,” kata Kwan, seperti dikutip Today’s Parent.

2. Bersih-bersih sebelum interaksi dengan anak

Buat para orang tua yang masih bekerja di luar rumah, sangat penting untuk memastikan diri bersih dan sudah berganti pakaian tiap kali akan berinteraksi dengan anak.

“Orang tua kalau dari luar langsung mandi, jangan langsung pegang anak. Ganti baju dulu, baru main sama anak,” kata Prasna dalam temu media dan blogger bersama Natur-E, Rabu (16/2).

3. Berikan informasi buat anak

Anak perlu diberikan pengetahuan mengenai pandemi. Orang tua sebaiknya menjelaskannya sesuai usia anak agar mudah dipahami. Saat anak diberikan informasi yang tepat, langkah pencegahan pun akan lebih mudah dilakukan.

“Mengingat ketidakpastian dan informasi yang salah di luar sana, sulit bagi orang tua untuk menavigasi medan ini, jadi pikirkan saja betapa sulitnya bagi anak-anak Anda,” ujar Steven Meyers, profesor dan kepala departemen psikologi di Roosevelt University, seperti dikutip WebMD.

4. Suplemen vitamin

Kebutuhan gizi anak wajib dipenuhi. Namun kadang asupan pangan belum cukup memenuhi kebutuhan nutrisi sehingga orang tua perlu memberikan suplemen vitamin.

Prasna menyarankan orang tua memberikan anak suplemen berupa vitamin A, C, dan E untuk menunjang daya tahan tubuh anak.

Tinggalkan Balasan