Cara Konsumsi Kurma bagi Orang Diabetes

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orang memiliki penyakit diabetes saat akan mengonsumsi kurma.

Orang dengan diabetes, harus membatasi asupan gula tidak lebih dari 25 gram sehari termasuk gula dalam nasi, minuman, dan juga kudapan.

Meski tinggi karbohidrat, kandungan fruktosa (gula alami) dalam kurma kering jauh lebih tinggi dari kandungan glukosanya. Kurma juga mengandung serat yang akan memperlambat proses penyerapan karbohidrat, sehingga gula darah tidak akan langsung melonjak setelah satu asupan.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh orang dengan diabetes saat hendak mengonsumsi kurma.

1. Konsumsi kurang dari 2 buah Kurma
Dokter spesialis penyakit dalam, Rudy Kurniawan mengatakan, bahwa penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi kurma terbatas, tidak lebih dari 2 buah kurma untuk sehari. Karena penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi glukosa lebih dari 25 gram.

2. Tidak untuk dibuat jus
2 butir kurma sebaiknya dikonsumsi langsung dan tidak dibuat jus atau sari kurma. Karena pengolahan tersebut bisa menghilangkan kadar serat, sementara kadar karbohidratnya tetap.

Karena Serat dibutuhkan oleh penderita diabetes untuk memperlambat proses penyerapan karbohidrat dalam tubuh.

3. Tidak untuk dikonsumsi sekaligus
Penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi buah kurma sekaligus dalam satu waktu.

Orang dengan diabetes bisa “menyicil” saat hendak konsumsi kurma, misalnya dalam selang waktu sejam setelah makan satu butir kurma.

Setelah makan kurma, penderita diabetes juga sebaiknya tidak mengonsumsi minuman yang tinggi kandungan gulanya, dan perbanyak minum air putih.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan