Cara Cegah Ambeien agar Tidak Mudah Kambuh

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Ambeien atau wasir adalah kondisi pembuluh darah yang meradang di daerah sekitar anus. Biasanya ambeien¬†menimbulkan rasa nyeri saat buang air besar, perih, bengkak, gatal, sampai pendarahan di sekitar anus.

Melansir Healthline ambeien sebenarnya penyakit umum, bahkan 50 persen dari orang dewasa di atas 50 tahun bisa mengalaminya.

Bahkan seseorang yang pernah ambeien akan lebih rentan mengalaminya kembali alias kambuh. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mencegah ambeien agar tidak gampang kambuh.

Penyakit ambeien bisa dapat menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman akibat benjolan pada anus. Meski demikian, ambeien tidak menyebabkan kematian.

Berdasarkan letak benjolannya, ambeien terbagi atas dua jenis, yakni ambeien internal yang benjolannya ada di dalam rektum atau anus dan ambeien eksternal yang benjolannya berada di sekitar anus sehingga tampak dari luar.

Selama masih ringan gejala ambeien masih bisa diredakan dengan sejumlah cara. Berikut cara yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari bahaya ambeien.

1. Jangan tunda BAB

Kebiasaan menunda buang air besar dapat membuat tinja jadi mengeras dan sulit dikeluarkan sehingga memicu sembelit.

Tekanan kuat yang terjadi saat mengejan dapat menimbulkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah di anus dan kemudian menimbulkan wasir atau ambeien.

2.Makan makanan berserat

Buah, sayur, dan biji-bijian perlu Anda konsumsi agar tubuh mendapat banyak serat. Makanan berserat membantu melunakkan tinja sehingga bisa melancarkan buang air besar. Dengan begitu, ambeien bisa dihindari.

3.Banyak minum air putih

Selain buah dan sayur, air putih juga bisa membuat tinja jadi tidak terlalu keras, sehingga tidak sulit saat ingin dikeluarkan. Normalnya, orang dewasa butuh minum 8-10 gelas air putih per hari.

4.Rutin olahraga

Olahraga tidak sekadar membuat tubuh menjadi sehat dan bugar, tapi juga membantu mencegah wasir atau ambeien kambuh. Harvard Health menyarankan Anda melakukan olahraga intensitas sedang sekitar 20-30 menit sehari.

Demikian cara mencegah ambeien agar tidak mudah kambuh.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan