Cara Alami Menjaga Awet Muda

Jakarta, KabarBerita.id — 1. **Tidur yang Cukup**

Tidur yang berkualitas menjadi faktor penting dalam menjaga penampilan awet muda. Penelitian menunjukkan bahwa tidur selama 7-8 jam setiap malam dapat membuat Anda terlihat lebih segar, bahagia, dan menarik.

 

2. **Konsumsi Tiramis**

Tiram tidak hanya kaya akan protein tetapi juga mengandung seng (zinc) dalam jumlah yang signifikan. Seng berperan dalam mengubah vitamin A menjadi bentuk aktif yang dapat diserap oleh tubuh dan membantu menjaga kesehatan mata dengan memperlambat degenerasi makula.

 

3. **Penyesuaian Gaya Berbusana**

Pemilihan busana yang tepat bisa membuat Anda terlihat lebih muda. Seiring bertambahnya usia, wajah cenderung memanjang. Untuk memberikan kesan wajah yang lebih muda, pilihlah busana dengan kerah bulat (crewneck) daripada V-neck dan gunakan kemeja berkerah kancing untuk memberikan efek tampilan wajah yang lebih kecil.

 

4. **Perbaiki Postur Tubuh**

Postur tubuh yang baik dapat membuat Anda terlihat lebih muda. Berdirilah tegak, tarik bahu ke belakang, dan kencangkan otot perut. Postur yang baik juga meningkatkan rasa percaya diri dan membuat Anda terlihat lebih sehat.

 

5. **Bercukur Secara Teratur**

Penampilan pria dengan kumis atau janggut terkadang membuat mereka terlihat lebih tua. Penelitian di Inggris menunjukkan bahwa pria dengan rambut wajah bisa terlihat hingga 10 tahun lebih tua. Bercukur secara teratur membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang produksi kolagen, memberikan efek wajah yang lebih muda.

 

6. **Kurangi Konsumsi Gula**

Untuk penampilan yang lebih muda, sebaiknya batasi konsumsi gula. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nutrients pada 2020 menemukan bahwa diet tinggi gula dapat mempercepat penuaan kulit dan meningkatkan munculnya garis-garis wajah. Selain gula, asupan garam yang tinggi juga dapat meningkatkan peradangan tubuh dan mempercepat penuaan.

 

7. **Perbanyak Minum Air**

Hidrasi yang cukup sangat penting karena kulit yang terhidrasi dengan baik cenderung lebih lembut dan awet muda. Menjaga tubuh tetap terhidrasi membantu menjaga tampilan kulit agar tidak kusam dan kering.

 

8. **Kelola Stres**

Stres berlebihan dapat membuat Anda terlihat lebih tua. Mengurangi stres membantu mengurangi hormon stres seperti adrenalin dan kortisol, serta meningkatkan produksi endorfin, yang memberikan efek awet muda. Temukan aktivitas relaksasi yang cocok, seperti meditasi, menulis jurnal, atau berjalan di alam terbuka.

 

Tinggalkan Balasan