Cacing Pita Ditemukan Pada Ratusan Hewan Kurban di Yogyakarta

Jakarta, KabarBerita.id — Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menemukan cacing hati atau fasciola hepatica pada ratusan hewan kurban yang dipotong pada pelaksanaan Iduladha 1443 Hijriah di daerah itu.

“Fasciola hepatica pada hati hewan kurban itu  terus terang karena dipengaruhi oleh pakan,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul Joko Waluyo, Minggu (10/7).

Dia menyebutkan jumlah hewan kurban yang bagian hatinya terdapat cacing berdasarkan pantauan petugas dinas hingga Minggu (10/7) ada sebanyak 299 sapi dari sebanyak 5.867 ekor yang dipotong pada Lebaran Haji 2022.

Kemudian ada sebanyak 25 kasus fasciola pada kambing dari jumlah 3.964 ekor yang disembelih, dan sebanyak 25 kasus pada domba dari yang dipotong sebanyak 7.189 ekor.

Dia mengatakan penyebab utama hewan terkena cacing hati yakni pakan yang masih basah diberikan kepada ternak, biasanya pakan tersebut berupa rumput yang diambil dari sawah.

“Jadi ternak-ternak itu diberikan pakan yang langsung dari sawah, sehingga ada keong kecil-kecil itu sebagai pembawa parasit,” ujarnya.

Meski demikian, secara umum hewan kurban yang hatinya terkena cacing hati tidak masalah, karena dagingnya masih aman dikonsumsi, asalkan hati yang rusak terkena cacing tersebut dibuang atau dimusnahkan.

Tinggalkan Balasan