Cabut Peringatan Tsunami Usai Gempa 7,1 M, Filipina Dinyatakan Aman

Jakarta, KabarBerita.id — Akibat gempa bumi magnitudo 7,1 yang terjadi di wilayah perairan sebelah tenggara kota Davao pada Kamis (12/8),Filipina melaporkan bahwa tidak terdapat kerusakan yang terjadi maupun korban jiwa.

Melansir dari reuters,Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan bahwa pusat gempa berada di laut Filipina wilayah tenggara Davao dengan kedalaman 65,6 kilo di bawah laut.

Peringatan tsunami yang sempat terbit pasca gempa terjadi, kini sudah dicabut USGS.

Berdasar keterangan dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Filipina Ricardo Jalad, hingga saat ini belum terdapat laporan terkait adanya kerusakan, korban jiwa, maupun luka akibat gempa.

Sementara itu menurut Kementerian Perhubungan Filipina seluruh infrastruktur pelabuhan dan petugas perhubungan juga tidak terdampak gempa.

Dilaporkan hanya terdapat sedikit kerusakan pada landasan di sebuah bandara di Provinsi Davao Oriental yang mengalami retak-retak pasca gempa terjadi.

Sebelumnya Badan Kegempaan Filipina sempat melayangkan peringatan adanya tsunami, akan tetapi saat ini juga sudah dicabut.

Diketahui Filipina memang secara geologi merupakan negara yang terletak di kawasan cincin Api Pasifik yang seringkali mengalami gempa dan aktivitas gunung berapi.

 

Tinggalkan Balasan