Bupati Hulu Sungai Selatan Serahkan Dana Hibah untuk Sekolah

  • Bagikan

Kandangan, KabarBerita.id — Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menyerahkan bantuan Dana Hibah Tahun Anggaran 2022.

Bantuan ini diserahkan untuk kegiatan Pengelolaan Pendidikan Swasta, Bantuan Operasional Sekolah Lingkup Kementerian Agama dan Hibah Barang Teknologi dan Komunikasi (TIK) untuk jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama,  serta Bantuan Alat Permainan Edukatif (APE) jenjang TK.

Penyerahan ini diserahkan secara simbolis oleh  Bupati HSS H Achmad Fikry yang digelar di SD Alam Muhammadiyah, Kota  Kandangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (4/8/2022).

Adapun bantuan yang diserahkan terdiri dari Dana Hibah Kegiatan Pengelolaan Pendidikan Swasta Tahun Anggaran 2022 yaitu SD Alam Muhammadiyah Rp 100 juta.

Kemudian, Dana Hibah Bantuan Operasional Sekolah Lingkup Kementerian Agama Tahun Anggaran 2022 yang diwakilkan oleh MI Al Injaz Kecamatan Kandangan Rp 15 juta.

Bupati Hss Achmad Fikry serahkan Dana Hibah untuk sekolah-sekolah di SD Alam Muhammadiyah.
Bupati H Achmad Fikry saat menyerahkan Dana Hibah untuk sekolah-sekolah yang digelar di SD Alam Muhammadiyah, Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (4/8/2022).

Serta Madrasah Ibtidaiyah Tambak Kecamatan Padang Batung Rp 15 juta serta MTS Izharussalam Kecamatan Daha Selatan Rp 15 juta.

Selanjutnya Alat Permainan Edukatif (APE) pada TK Negeri Pembina Telaga Langsat berupa APE Dalam dan kepada TK Batu Bini berupa APE Dalam dan APE Luar.

Juga ada, Bantuan TIK berupa kabel HDMI, proyektor, wireless, laptop maupun chromebook kepada SDN  Kandangan Utara 2, SDN  Kandangan Barat 2, SDN Tambangan 4, dan SDN Pihanin 2.

Beriktunya, bantuan TIK berupa HDMI, proyektor, wireless, laptop maupun chromebook untuk Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Tarbiyatul Furqon.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan HSS, Siti Erma, mengatakan, dana bantuan ini merupakan Dana Hibah, BOSDA lingkup Kemenag, TIK Bidang sekolah dasar dan Alat bermain Edukatif dari DAK yang mana semua merupakan tahun anggaran 2022.

“Dana bantuan bosda dari Kementerian Agama tahun anggaran 2022 dengan total dana sebesar Rp 525 juta untuk 35 sekolah yang mana masing-masing mendapatkan 15 juta. Selain itu juga  Bantuan tingkat SD tahun 2022 dengan total bantuan Rp 463 juta untuk empat sekolah,” katanya.

Selain itu, bantuan permainan edukatif luar dan dalam sebesar Rp 99 juta untuk tiga sekolah.

Penerima bantuan alat bermain dalam edukatif dari dana DAK dengan total biaya sebesar Rp 74.664. 000 diberikan kepada lima sekolah.
Serta, bantuan untuk tingkat SMP Rp 115.120.500 untuk satu sekolah.

Bupati HSS H Achmad Fikry meminta kepada penerima dana hibah pendidikan agar benar-benar memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dan, alat yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik dan dikelola dengan baik.

Bupati Hss Achmad Fikry melihat lingkungan SD Alam Muhammadiyah Kamis (04082022).
Bupati H Achmad Fikry melihat lingkungan SD Alam Muhammadiyah, dalam rangkaian acara penyerahan Dana Hibah untuk sekolah-sekolah, di Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (4/8/2022).

“Saya berharap bantuan ini bisa meringankan biaya operasional. Pemerintah Daerah akan terus mengawal kemajuan pendidikan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan,” katanya.

Selain itu, Ia mengatakan, melihat SD Alam Muhammadiyah menjadi pelajaran bahwa pendidikan tidak harus dibatasi ruang, pendidikan tidak harus di dalam ruangan, tapi belajar bisa dimana saja.

Di kesempatan ini, Bupati mengatakan, akan menyasar vaksinasi lagi karena Covid-19 mulai muncul kembali.

Di sekolah, protokol kesehatan harus tetap jalan. Bagi yang belum vaksinasi, harus ikut vaksinasi. Karena, ini adalah ikhtiar untuk mencegah penyebaran Covid-19.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan