Bupati HSS Serahkan Bantuan Bidang Pertanian untuk Dorong Produktifitas Petani

  • Bagikan
Bupati Hulu Sungai Selatan

Hulu Sungai Selatan, KabarBerita.id — Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menyerahkan berbagai bantuan bidang pertanian dalam rangkaian acara syukuran panen padi di areal sawah Kelompok Tani (Poktan) Mekar Sari, Desa Telaga Langsat, Kecamatan Telaga Langsat.

H Achmad Fikry mengungkapkan keinginannya untuk terus mendorong para petani dalam meningkatkan produktifitasnya dan mengatakan bahwa kalau petani sejahtera maka sejahteralah masyarakat karena hampir sebagian besar masyarakat di HSS bekerja di sektor pertanian.

“Terlebih dahulu melakukan peletakan batu untuk pembangunan jaringan irigasi tersier sebelum panen dan dibantu dengan dana Rp75 juta per unit,” katanya, Kamis (9/6).

Hal ini dilaksanakan dengan pola pada karya, yaitu anggota kelompok tani bisa bekerja disana dengan upah harian sampai Rp100 ribu perhari, karena pada saat ini pemerintah terus mendorong agar program itu bersifat padat karya, bisa melibatkan masyarakat.

Saluran irigasi tersier diharapkan dapat memperlancar usaha tani petani serta digunakan untuk tanam dua kali karena sumber mata airnya tersedia. alat-alat tersebut diharapkan bisa dijaga dan dirawat dengan baik.

Komunikasi diharapkan terjaga antara petani dengan pemerintah melalui penyuluh dikarenakan petani sendiri yang tau kebutuhannya dan tentu akan dibantu pemerintah kekurangannya.

Kepala Dinas Pertanian HSS, Muhammad Noor, mengatakan bantuan yang disalurkan yaitu pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi tersier 2021 dikerjakan sebanyak 11 unit dengan dana Rp75 juta per unit dengan sistem padat karya.

Bantuan lain yaitu benih padi sebanyak 90.825 kilogram untuk lahan seluas 3.633 hektar dengan jumlah kelompok tani penerima sebanyak 282 kelompok tani.

Bantuan ternak berupa kambing sebanyak 49 ekor untuk tiga poktan dan bantuan ternak itik sebanyak 2600 ekor untuk 11 poktan.

Sementara untuk Alat Mesin Pertanian mendapat bantuan 1 unit hand traktor untuk Poktan Sanghara Desa Mandala Telaga Langsat, bantuan satu unit Corn Celler Mobile untuk Poktan Usaha Karya, Desa Tambingkar, Kalumpang dan bantuan kendaraan roda tiga Tosa untuk Poktan Rasau Bakti, Desa Jambu Hilir, Kandangan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan