Bupati Garut Resmikan Pembangunan Mesjid Besar Jihadul Hidayah Cikajang

  • Bagikan

Garut, KabarBerita.id — Bupati Garut, Rudy Gunawan peresmian pembangunan dengan ditandai penandatanganan di atas Prasasti Mesjid Besar Jihadul Hidayah di Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Selasa malam (9/3/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Garut berterimakasih kepada Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Garut dan DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) Masjid Besar Jihadul Hidayah.

“Alhamdulillah masjid kita sudah bagus, masjid kita adalah tempat kita meningkatkan taqwa, tempat kita beribadah, tempat kita mengajukan permohonan kepada Allah SWT. Oleh sebab itu, saya berterimakasih kepada forkopimda dan kawan-kawan dari masjid DKM,” ucap Bupati Garut.

Ia menuturkan, pihaknya akan menyumbang dana sebesar 150 juta dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) untuk pembangunan masjid selanjutnya.

“Saya akan menyumbang dari APBD 150 juta, dan APBD Garut akan menimbang lagi untuk mengganti kayu-kayu ini 150 juta lagi,” tutur Rudy Gunawan.

Bupati Garut berharap, agar masjid selalu ramai digunakan untuk beribadah dan tidak kosong terutama pada saat ibadah sholat shubuh.

“Setelah ini kita bertahap, karena kita harus mempunyai simbol. Masjid besar itu adalah simbol, tetapi saya mohon masjid besar itu tidak kosong karena waktu ibadah masyarakat sholat shubuh,” kata Bupati.

Sementara, Ketua DKM Masjid Besar Jihadul Hidayah Cikajang, Endang Satya menerangkan mengenai dana yang didapatkan untuk pembangunan masjid berasal dari para jamaah masjid, donatur dan juga dari Bupati Garut melalui APBD.

“Dina RAB (Rencan Anggaran Biaya) anu dipidamel ku (yang dikerjakan oleh) konsultan melalui Dinas PUPR Garut, direncanakeun kirang langkung (kurang lebih) 870 juta (rupiah), namung Alhamdulillah dugikeun ka kieu teh ieu nyeepkeun kirang langkung (hingga seperti ini menghabiskan anggaran) 750 juta, 600 (juta) di jamaah warga Cikajang sadayana sareng oge para donatur (seluruhnya termasuk para donatur), anu (yang) 150 (juta) pamaparin (sumbangan) Pak Bupati melalui APBD (Dari RAB) yang dibuat oleh konsultan melalui Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) Garut, direncanakan (untuk pembangunan masjid) kurang lebih 870 juta, namun Alhamdulillah sampai ke sini tuh (beres) menghabiskan kurang lebih 750 juta, 600 (juta) di jemaah warga Cikajang semua dan para donatur, 150 (juta) pemberian Pak Bupati melalui APBD),” ujar Endang.

Endang berterimakasih kepada Bupati Garut, Rudy Gunawan yang sudah memberikan bantuan berupa dana untuk pembangunan masjid besar ini.

“Kalayan rupina upami tina akhir pembangunan ieu hente maparin ka urang sadayana, Wallahu alam ayena atos beres atanapi teu acan, ku ayana kitu rupina sakali deui ngahaturkeun nuhun ka Pak Bupati ku ayana dukungan bantosan dana dugi ka tiasa tuntasna ieu masjid (oleh karena itu jika di akhir pembangunan ini tidak ada bantuan kepada kita semua, Wallahu alam sekarang (pembangunan masjid) sudah beres ataukah belum, maka dari itu sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Pak Bupati atas dukungan bantuan dana sampai bisa menuntaskan (pembangunan) masjid ini),” pungkas Endang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan