Bupati Bangka Barat Ziarah Kute Seribu: Tradisi Memperingati Haul Para Pendiri Kota Mentok

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Bupati Bangka Barat, H. Sukirman, S.H. ikuti acara agenda tahunan tradisi Ziarah dan Do’a Arwah Kute Seribu (ZKS).

Ziarah dan Do’a Arwah Kute Seribu adalah salah satu kebudayaan Islam yang ada di Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati haul para pendiri kota Mentok serta Habaib (Habib yang lebih dari satu) alim ulama yang telah menyebarkan agama Islam di kota Mentok, dilakukan rutin yang dilaksanakan sudah 15 Kali , yang bertepatan  pada bulan Dzulhijjah tepatnya hari ketiga setelah hari raya Idul Adha.

Ribuan masyarakat di Bangka Belitung maupun luar Bangka Belitung sangat antusias mengikuti tradisi Ziarah Kute Seribu (ZKS) yang bertempat di Pemakaman Keramat, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat ini. 

Rangkaian acara ini diawali dengan pembacaan Qoshidah Burdah yang dilakukan di surau Nurul Iman Kampung Tanjung, setelah itu seluruh jama’ah dan Habaib menyantap hidangan makanan berupa bubur,  lalu  jama’ah dan Habaib melakukan arak-arakan menuju makam Kute Seribu. Dalam proses arak-arakan, seluruh masyarakat berjalan menuju makam dengan lantunan nyanyian Islam yang diiringi kesenian rudat untuk memeriahkan arak-arakan tersebut.

Adapun makam Habaib yang didoakan dan diziarahkan diantaranya makam Habib Hamid Bin Abdurahman Assegaf, Habib Hud Bin Muhammad Assegaf dan Habib Syatho.

Ketua Panitia Ziarah Kute Seribu, Saleh Al-Kaff,  mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mengenang dan mendoakan para pemimpin dan habaib yang telah menyebarkan ajaran Islam di Kota Mentok dan merupakan media silaturahmi seluruh muslimin.

“Perkiraan, setiap tahunnya diikuti 1500 hingga 2000 orang, dan tahun ini mencapai 2000 orang. Insyaallah dapat berdampak positif pada peningkatan pariwisata, UMKM-UMKM yang ada di Bangka Barat dan juga untuk meramaikan kota kita,” katanya. 

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Sukirman menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah mensukseskan agenda tahunan ini.

“Terima kasih juga kepada para aparat yang membantu menjaga keamanan. Mudah-mudahan kita mendapatkan berkah dan pertemuan kita yang singkat ini diridhoi oleh allah SWT,” tambah H. Sukirman. S.H. 

“Semoga dari agenda tahunan wisata religi ini bisa membangun ekonomi di Kabupaten Bangka Barat dan membuat Bangka Barat menjadi maju sejahtera dan bermartabat,” harapnya

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan