Bulog Sumbar Siapkan 15.000 Ton Beras Stabilisasi Harga

Padang, Kabarberita.id – Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Sumatera Barat (Sumbar) siap menyalurkan beras hingga 15.000 ton untuk menjaga stabilitas harga di provinsi itu pada awal tahun 2019.

“Beras akan kami salurkan sekitar 70-100 ton per hari ke pasar-pasar besar di Sumbar,” kata Kepala Bulog Divre Sumbar Suharto Djabar di Padang, Sumbar, Kamis.

Ia memprediksi stok 15.000ton itu akan mencukupi kebutuhan hingga lebaran Idul Fitri pada Juni 2019.

Namun jika terjadi kekurangan, pihaknya akan meminta tambahan pasokan dari pusat sesuai kebutuhan di Sumbar.

Ia meminta masukan dan informasi dari berbagai pihak terkait ketersediaan beras di daerah agar segera bisa diantisipasi jika terjadi kekurangan.

Operasi pasar tersebut, menurutnya, tidak hanya dilakukan di Sumbar tetapi secara nasional di berbagai daerah di Indonesia. Tujuannya, kata dia, untuk menjaga stabilitas harga.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sumbar Asben Hendri menyambut baik operasi pasar yang digelar oleh Bulog itu.

Menurutnya saat ini harga beras di Sumbar masih relatif stabil meski ada kenaikan sedikit karena faktor kerusakan dan putusnya infrastruktur jalan utama di provinsi itu.

Jalur alternatif juga sering terimbas longsor atau macet parah akibat tidak sanggup menampung jumlah kendaraan yang melintas.

Selain itu faktor cuaca yang masih musim hujan juga mempengaruhi ketersediaan stok beras, sehingga dibutuhkan tindakan nyata dari pemerintah untuk menjaga stabilisasi harga.

“Mudah-mudahan ini bisa membantu masyarakat, terutama yang ekonomi lemah,” ujarnya.

Pada penyaluran pertama, Kamis (3/1) Bulog Sumbar menggelontorkan 100 ton beras medium dan premium.

Sejumlah armada yang diturunkan segera mendistribusikan beras tersebut ke pasar-pasar besar di kabupaten dan kota di provinsi itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here