Bukittinggi Meraih Penghargaan Smart City 2022 dari Kominfo RI

Bukittinggi, KabarBerita.id — Kota Bukittinggi, Sumatera Barat menerima penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI terkait Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) 2022.

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, mengatakan dengan berpartisipasinya Kota Bukittinggi dalam Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) 2022 ini membuktikan Kota Bukittinggi memiliki komitmen yang kuat untuk menjalankan pemerintahan dengan pendekatan berbasis inovasi dan teknologi.

“Kami berterimakasih kepada Pemerintah Pusat terutama Kementerian Kominfo RI karena telah memberi kesempatan dan bimbingan kepada Pemerintah Kota Bukittinggi dalam Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) 2022 ini, ini merupakan momentum untuk kebangkitan ekonomi masyarakat berbasiskan digital,” kata Wako Erman.

Wako mengatakan Smart City yang memiliki enam pilar, yaitu smart governance, smart society, smart living, smart economy, smart environment, dan smart branding bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Enam pilar Smart City itu bermuara pada kesejahteraan masyarakat, karena kita didorong melakukan upaya-upaya inovatif dalam ekosistem kota untuk mengatasi berbagai persoalan guna meningkatkan kualitas hidup manusia dan komunitas yang ada,” kata dia.

Penghargaan tersebut diserahkan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrinani Pangerapan dan diterima oleh Wakil Wali Kota Bukinggi, Marfendi bertepatan dalam rangkaian acara Pameran dan Seminar Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) 2022.

Pameran dan Seminar itu mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berbasis digital yang kolaboratif, inklusif, dan berkelanjutan berlangsung di Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada Pemerintah Kota Bukittinggi yang sebelumnya telah berhasil lolos dalam assesment untuk mengikuti Program Gerakan Menuju Smart City 2022, selanjutnya berpartisipasi serta berhasil membuat Rencana Induk (Master Plan) Bukittinggi Smart City.

Acara puncak Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) 2022 yang didukung oleh Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kantor Staf Presiden, Kementerian PANRB, Kementerian Keuangan.

Juga dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Parekraf, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dan Kompas Gramedia itu dihadiri pula oleh Duta Besar berbagai negara yakni Jepang, Uni Emirat Arab dan Jerman.

Tinggalkan Balasan