Borong Jet Tempur, Taiwan Keluarkan Anggaran Hingga Rp20,2 Triliun

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Demi untuk membeli jet tempur di tengah peningkatan ancaman China, pemerintah Taiwan menyiapkan anggaran senilai US$1,4 miliar atau setara Rp20,2 triliun.

Pemerintah Taiwan menyatakan bahwa pembelian cat ini termasuk dalam anggaran militer secara keseluruhan. Pihaknya tidak memberikan rincian terkait jenis jet apa yang dibeli, akan tetapi diperkirakan akan membeli F-16.

Permintaan persetujuan dari anggaran supaya lebih mudah harus disetujui oleh parlemen terlebih dahulu. Dimana yang memegang mayoritas ialah Partai Progresif Demokratis tempat Tsai bernaung.

dalam beberapa waktu terakhir di tengah ancaman China, diketahui Tsai terus melakukan upaya modernisasi angkatan bersenjata Taiwan.

Anggaran ini masuk dalam 3 tertinggi usulan anggaran di tahun depan. Nantinya Taiwan diperkirakan akan memperkuat militer dengan membeli alutsista dari negara musuh seperti China dan Amerika.

Pada tahun 2019 silam Taiwan membeli jet tempur f-16 senilai $8 miliar dari Amerika Serikat yang membuat Taiwan menjadi negara dengan Armada f-16 terbesar di Asia yang mempunyai lebih dari 200 pesawat.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan