Bolehkah Minum Kopi Saat Sedang Hamil?

Jakarta, KabarBerita.id — Bolehkah minum kopi saat hamil? Apakah kopi benar-benar buruk bagi Anda selama kehamilan?

“Sulit untuk mendapatkan studi yang baik dan akurat pada [orang] hamil,” kata David Elmer, MD, seorang OB-GYN di Rumah Sakit Nantucket Cottage di Nantucket, Massachusetts mengutip Parents.

“Tidak etis memberi 1.000 wanita hamil zat yang tidak diketahui dan melihat berapa banyak yang mengalami komplikasi.”

Konon, penelitian terbatas yang kami lakukan menunjukkan bahwa kopi berkafein sebenarnya tidak berbahaya dalam jumlah sedang.

“Bukti yang luar biasa adalah bahwa itu tidak seburuk yang kita pikirkan,” kata Elmer.

Sebagian besar ahli percaya bahwa orang hamil dapat dengan aman mengonsumsi kafein 200 mg atau kurang per hari; ini berkorelasi dengan sekitar satu cangkir.

Berapa Banyak Kafein yang Dapat Anda Minum dengan Aman Selama Kehamilan?
Decaf mungkin merupakan pilihan yang lebih aman, tetapi orang hamil mungkin ingin melakukan riset lebih jauh sebelum menyeduh.

Sebuah studi independen oleh Clean Label Project menemukan bahwa beberapa merek kopi tanpa kafein terkemuka di AS mengandung metilen klorida -pelarut yang digunakan dalam pengencer cat yang juga digunakan dalam proses kimia untuk menghilangkan kafein dari kopi.

“Melihat orang-orang yang kebetulan menemukan obat atau zat tertentu untuk melihat apakah mereka mengalami lebih banyak masalah daripada mereka yang tidak,” katanya berdasarkan sebuah studi retrospektif.

Sementara hasil studi retrospektif ini bertentangan, sebagian besar sampai pada kesimpulan yang sama: konsumsi kafein sedang (kurang dari 200 mg per hari) tidak dikaitkan dengan efek samping seperti keguguran atau persalinan prematur.

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) juga merekomendasikan batas kafein 200 mg per hari.

Singkatnya, 200 mg kafein adalah sekitar satu cangkir kopi 12 ons. Namun perlu diingat bahwa kopi berkafein super di Starbucks melebihi batas 200 miligram, bahkan pada ukuran terkecil.

Beberapa orang hamil mungkin minum lebih dari 200 mg kafein tanpa konsekuensi, tetapi tidak ada penelitian konklusif tentang apa yang mungkin terjadi selama kehamilan dengan tingkat kafein tersebut.

Selain itu penelitian pada hewan telah menunjukkan efek berbahaya dari kafein yang berlebihan saat hamil.

“Tidak ada studi konklusif pada manusia, studi pada hewan memang menunjukkan penurunan kesuburan, peningkatan cacat lahir dan tingkat keguguran, dan bayi dengan berat lahir rendah,” kata Michele Hakakha, seorang OB-GYM bersertifikat di Beverly Hills, California dan penulis Expecting 411.

Penting juga untuk dicatat bahwa beberapa penelitian, termasuk ulasan Agustus 2020 yang diterbitkan dalam jurnal BMJ , melaporkan bahwa tidak ada jumlah kafein yang diketahui aman selama kehamilan.

Ulasan khusus itu mengaitkan konsumsi kafein ibu dengan “keguguran, lahir mati, berat lahir rendah dan / atau kecil untuk usia kehamilan, dan leukemia akut pada masa kanak-kanak.”

Terlepas dari hasil ini, bagaimanapun, organisasi seperti ACOG dan Royal College of Obstetricians and Gynecologists Inggris tetap berpegang pada rekomendasi 200 mg mereka. Selain itu, penelitian tidak menentukan secara pasti berapa banyak kafein yang dikonsumsi terkait dengan hasil negatif.

“Saran saya kepada pasien adalah: tidak lebih dari satu, dan kadang-kadang, dua minuman berkafein sehari selama kehamilan,” kata Hakahka.

“Selalu hindari sesuatu yang berpotensi membahayakan janin Anda yang sedang berkembang .”

Meski demikian minum kopi saat hamil terbukti menyebabkan anak jadi pendek.

Studi terbaru yang diterbitkan di JAMA Network Open menemukan bahwa anak-anak yang terpapar kafein bahkan dalam jumlah kecil sebelum lahir ditemukan rata-rata bertubuh lebih pendek daripada anak-anak dari ibu yang tidak mengonsumsi kafein saat hamil.

Ahli epidemiologi sekaligus ketua studi tersebut Jessica Gleason mengatakan bahwa anak-anak dari ibu yang mengonsumsi kafein saat mereka dalam kandungan terbukti bertubuh lebih pendek pada usia 4 tahun. Kesenjangan itu pun melebar setiap tahunnya hingga usia 8 tahun.

Studi lain telah menemukan hubungan antara konsumsi kafein di atas 200 miligram sehari atau sekitar satu hingga dua cangkir kopi selama kehamilan dan hasil kesehatan yang negatif pada anak-anak, termasuk penurunan berat badan lahir.

Penelitian ini dilakukan sebagai lanjutan studi mereka sebelumnya menunjukkan bahwa ukuran bayi yang baru lahir mungkin dipengaruhi oleh dosis kafein yang lebih kecil, sebuah firasat yang semakin diperkuat oleh temuan baru soal minum kopi saat hamil.

Tinggalkan Balasan