BNPB Turun Tangan Atasi Kebakaran Lahan Aceh

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Badan Nasional Penanggulangan Bencana bersama sejumlah lembaga dan unsur masyarakat menangani kebakaran di Aceh yang terjadi seiring rendahnya curah hujan di provinsi tersebut.

“Upaya pemadaman terus dilakukan oleh BPBD Aceh Barat, BPBA, TNI, Polri, Basarnas, RAPI, Damkar, relawan dan masyarakat,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho lewat keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa (25/7).

Menurut Sutopo, kebakaran lahan disebabkan masyarakat membersihkan lahan dengan cara membakar sehingga api menyebar ke lahan lain. Kebakaran terjadi sejak Selasa (18/7) dan sampai saat ini di beberapa titik masih terbakar pada lahan gambut dan lahan mineral.

Dia mengatakan dalam proses penanganan itu diterjunkan mobil pemadam kebakaran, tangki air, mobil “water canon” Polres Aceh Besar dan pompa air. BPBD telah membagikan masker dan makanan siap saji kepada masyarakat.

Kendala pemadaman kebakaran, kata dia, adalah tidak adanya akses jalan ke lokasi kebakaran, terbatasnya fasilitas mobil pemadam kebakaran dan mobil tangki air, terbatasnya sumber air dari lokasi kebakaran dan terbatasnya peralatan. Penanganan kebakaran dilakukan secara manual.

Sementara itu, lanjut dia, pantauan satelit Aqua, Terra dan SNNP dari LAPAN menunjukkan adanya 170 titik panas untuk kategori sedang (dengan tingkat kepercayaan 30-79 persen) dan tinggi (tingkat kepercayaan lebih 80 persen) di wilayah Indonesia pada Senin (24/7) malam.

Dia mengatakan terdeteksi 35 hotspot di Aceh yang tersebar di Kabupaten Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Tengah, Aceh Jaya, Aceh Besar dan Gayo Lues.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *