BKKBN Dorong Percepatan Pencegahan Stunting di Duri Kepa Jakarta Barat

Jakarta, KabarBerita.id – Sosialisasi dan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Program Bangga Kencana dilaksanakan bersama mitra kerja di Kelurahan Duri Kepa, Kecamatan Kebon Jeruk, Kota Administrasi Jakarta Barat, 13 Juni 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak yang berkomitmen dalam upaya pencegahan stunting di Indonesia.

Sekretaris Lurah Duri Kepa, Agus Setiawan, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat. “Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan bermanfaat, terutama dalam meningkatkan kesadaran terhadap pencegahan stunting sejak dini,” ujarnya.

Charles Honoris, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, menekankan pentingnya upaya bersama untuk menurunkan angka stunting. “Salah satu cara untuk menurunkan angka stunting adalah dengan memperbaiki pola makan dan gizi anak,” kata Charles.

Ir. Lilis Khoisiah, M.M, Kepala Seksi Bidang PPKB, menjelaskan bahwa stunting umumnya disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi pada 1.000 hari pertama kehidupan anak. “Pencegahan sebaiknya dimulai sejak masa kehamilan hingga anak berusia dua tahun. Asupan nutrisi yang baik sangat dianjurkan untuk ibu hamil dan anak dalam kandungan,” jelasnya.

Niken Akhirini, S.Sos, M.I.Kom, Plt. Direktur Advokasi dan Hubungan Antar Lembaga BKKBN, menambahkan bahwa strategi percepatan penurunan stunting melalui pendekatan keluarga sangat penting. “Pendampingan keluarga berisiko stunting melibatkan bidan, kader Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, serta kader Keluarga Berencana untuk mencapai target sasaran seperti calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, dan anak 0-59 bulan,” terang Niken.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan stunting dan memperkuat kolaborasi di tingkat lapangan untuk menurunkan angka stunting di Indonesia.

Tinggalkan Balasan