Bima Sakti Minta Timnas Indonesia Tak Terprovokasi oleh Vietnam

Jakarta, KabarBerita.id — Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti meminta skuadnya tidak terprovokasi saat menghadapi Vietnam pada laga pamungkas Grup A Piala AFF U-16 2022, Sabtu (6/8).

“Jangan terprovokasi, bermain dengan kepala dingin. Jangan sampai mendapatkan kartu karena pelanggaran yang tak perlu,” kata Bima Sakti dikutip Antara, Jumat (5/8).

Juru taktik berusia 46 tahun itu menginstruksikan pemainnya fokus ke pertandingan penting yang bisa jadi modal Indonesia lolos ke semifinal.

Bima melanjutkan, pemain juga tak boleh terpengaruh dengan teriakan-teriakan penonton yang jumlahnya diprediksi akan lebih banyak daripada laga-laga sebelumnya.

Bima Sakti sendiri merasa perlu memperingatkan pemainnya lantaran atmosfer laga kontra Vietnam terasa sedikit “panas” pasca kejadian di Piala AFF U-19 2022 pada Juli lalu.

Diketahui, Indonesia sempat mengajukan protes resmi kepada AFF terkait sikap Vietnam dan Thailand yang diduga tidak sportif saat kedua tim bertarung di Piala AFF U-19 2022 pada Juli.

Tindakan timnas U-19 Vietnam dan Thailand, yang disebut PSSI seperti tidak berniat memenangkan pertandingan ketika skor mereka imbang 1-1, membuat timnas U-19 Indonesia gagal ke semifinal Piala AFF U-19 itu. Buntut dari peristiwa tersebut, PSSI mempertimbangkan untuk keluar dari AFF.

Oleh sebab itu, Bima pun memohon kepada suporter Indonesia yang hadir di Maguwoharjo untuk menjaga sikap.

“Tunjukkan bangsa Indonesia itu bangsa yang menghormati negara lain. Jangan sampai ada keributan, jangan sampai ada provokasi kepada pemain Vietnam,” kata pemain timnas Indonesia era 1990-an itu.

Gelandang timnas U-16 Indonesia Muhammad Kafiatur Rizky sepakat dengan sang pelatih untuk tampil tenang saat bersua Vietnam.

“Kami mesti bermain lepas tanpa ragu-ragu. Tak perlu panik dan tidak mendengar sahutan orang-orang,” tutur Kafiatur.

Timnas U-16 Indonesia saat ini menjadi pemimpin klasemen sementara Grup A dengan enam poin dari dua laga tetapi unggul selisih gol (+11) dari Vietnam (+9) yang mengemas nilai serupa.

Dengan demikian, Indonesia hanya perlu minimal meraih hasil seri saat melawan Vietnam untuk memastikan satu tempat ke semifinal.

Duel Indonesia vs Vietnam akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8), mulai pukul 20.00 WIB.

Tinggalkan Balasan