Biden Cs Datang, Rusia Disebut Tak Diundang Pemakaman Ratu Elizabeth

Jakarta, KabarBerita.id — Negara Inggris dilaporkan tidak akan mengundang perwakilan Rusia ke pemakaman kenegaraan ratu Elizabeth II pada pekan depan, sementara Presiden Joe Biden dipastikan datang.

Sumber kerajaan Inggris mengatakan bahwa mereka tidak akan mengundang perwakilan yang saat ini sedang menjadi Sorotan internasional, yakni negara Rusia, Myanmar dan Belarus.

Sementara itu sekitar 500 tamu undangan kehormatan akan menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth yang akan digelar di London pada Senin pekan depan.

Inggris menyebar undangan ke kepala negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan mereka.

Daftar undangan itu mencakup Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, dan istrinya, Jill Biden, juga para perdana menteri dari Kanada, Australia, dan Selandia Baru.

Pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II ini pun disebut-sebut akan menjadi pertemuan diplomatik terbesar dalam beberapa tahun belakangan.

Sejak invasi di Ukraina, negara-negara Barat memang terus berupaya untuk menekan Rusia dengan berbagai sanksi dan isolasi.

Belarus juga terseret karena selama ini kerap membantu Rusia, bahkan membuka jalur bagi Negeri Beruang Merah ketika pertama kali menginvasi Ukraina.

Sementara itu negara Myanmar juga masih menjadi sorotan usai junta militer melakukan kudeta pemerintahan sipil tahun lalu.

Tinggalkan Balasan