Berikut Tips Atasi Masalah Mulut Kering saat Tidur

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Sering kali kita menemui masalah mulut kering yang mengganggu saat tidur maupun terbangun di pagi hari.

Menurut Cleveland Clinic, saat kita tidak menghasilkan cukup air liur maka akan membuat mulut kita kering. Akan tetapi kekurangan air liur bisa menjadi gejala atau merupakan efek samping dari masalah kesehatan lain.

Frank A. Scannapieco, Ketua biologi mulut di University at Buffalo School of Dental, menyatakan bahwa beberapa penyebab munculnya mulut kering diantaranya ialah adanya pengaruh obat-obatan yang tengah dikonsumsi, dehidrasi, sleep apnea, serta kebiasaan konsumsi kafein dan alkohol.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan demi mencegah masalah mulut kering seperti dilansir dari Live Strong,

1. Perbanyak konsumsi air putih

Penuhi asupan cairan demi jaga tubuh tetap terhidrasi dengan melakukan kebiasaan meminum 8 gelas air sehari.

Scannapieco menyarankan untuk kita selalu menyiapkan botol air minum di dekat kita termasuk saat sedang tidur demi memudahkan akses ketika kita merasa haus saat tidur.

2. Mengunyah es batu

Cleveland Clinic menyatakan bahwa mengunyah bisa bantu merangsang air liur. Dengan kita mengunyah es batu maka bisa menambah asupan cairan tubuh.

3. Menggunakan pelembap udara di kamar tidur

Kelembaban udara dapat bantu kita mencegah mulut kering di malam hari. Oleh karenanya sebaiknya kita menyiapkan pelembab udara atau air humidifier saat kita hendak tidur.

4. Menghindari alkohol dan minuman berkafein

Alkohol dan minuman berkafein dapat menyebabkan kan masalah dehidrasi dan dan termasuk mulut kering. Oleh karenanya sebaiknya kita mengurangi dan bahkan menghindari mengonsumsi keduanya agar masalah mulut kering dapat teratasi.

5. Menjaga kesehatan mulut

Rutinitas membersihkan mulut sangat penting karena saat mulut kering maka rentan terjadi gigi berlubang dan kerusakan gigi lainnya.

Kita disarankan untuk berkumur dengan obat kumur yang mengandung xylitol yang sudah diperuntukkan bagi orang-orang dengan mulut kering demi jaga kesehatan mulut.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan