Berikut Tanda Ginjal ‘Rusak’ yang Dapat Terlihat di Kulit

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Masalah ginjal ternyata bisa terlihat pada kulit Anda. Ada beberapa tanda masalah ginjal yang terlihat pada kulit.

Tanda yang muncul di kulit merupakan gejala awal atau peringatan dini bahwa ada masalah dengan ginjal. Berikut beberapa tanda masalah ginjal pada kulit yang dapat diamati.

1. Kulit sangat kering

Kulit yang kering sering diabaikan dan dianggap sepele karena dianggap hal yang biasa.

Namun dalam kasus pertanda masalah ginjal, kulit kering akan berubah menjadi kasar dan bersisik. Selain itu ginjal yang terganggu ini juga bakal menyebabkan kulit terasa lebih kencang sampai bersisik.

2. Gatal

Kulit yang sangat gatal merupakan gejala umum penyakit ginjal stadium lanjut.Beberapa orang mengalami gatal pada satu area kulit mereka. Rasa gatal juga bisa menyebar ke sebagian besar area tubuh.

Dikutip Kidney, ginjal yang sehat melakukan banyak pekerjaan penting. 

Ginjal menghilangkan limbah dan cairan ekstra dari tubuh, membantu membuat sel darah merah, membantu menjaga tulang tetap kuat dan bekerja untuk mempertahankan jumlah mineral yang tepat dalam darah.

3. Warna kulit yang berubah

Ketika ginjal berhenti bekerja sebagaimana mestinya, racun menumpuk di tubuh, hal ini akan menyebabkan perubahan warna kulit.

Beberapa warna kulit yang berubah menjadi lebih pucat, keabuan, kekuningan.

4. Ruam

Ketika ginjal tidak dapat membuang limbah dari tubuh, ruam dapat berkembang.

Satu ruam yang terjadi pada orang yang memiliki penyakit ginjal stadium akhir menyebabkan benjolan kecil berbentuk kubah dan sangat gatal.Saat benjolan ini hilang, yang baru bisa terbentuk.

5. Perubahan warna kuku

Perubahan warna kuku bisa menjadi tanda masalah ginjal pada kulit. Perubahan warna ini bisa terjadi dari warna yang lebih pucat, terbentuk pita putih yang melintang di satu atau lebih jari.

Selain itu bisa juga ada perubahan warna kuku jadi warna putih pada bagian atas satu atau lebih kuku dan warna normal hingga coklat kemerahan di bawahnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan