Berikut Beberapa Penyebab Tumbuh Uban di Usia Muda

Jakarta, KabarBerita.id — Uban atau rambut putih merupakan salah satu tanda penuaan yang umumnya terjadi pada orang di usia 40 ke atas.

Akan tetapi pada beberapa kondisi tanda penuaan ini juga di alami oleh beberapa orang yang berusia lebih mudah bahkan remaja. Berikut ini merupakan penyebab Uban di usia muda

1. Faktor keturunan

Dilansir Healthline, Faktor genetik atau keturunan merupakan penyebab utama munculnya uban di usia muda.

Faktor ini tidak dapat dihindari namun apabila merasa terganggu dapat mencoba untuk mewarnainya

2. Gangguan kelenjar tiroid

Tiroid merupakan kelenjar yang terletak di pangkal leher yang berfungsi untuk mengendalikan fungsi tubuh, seperti menjaga metabolisme hingga mengontrol warna pada rambut.

Gangguan ini dapat menghambat berbagai proses metabolisme dalam tubuh serta bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan jaringan. Termasuk berkurangnya produksi Melanin yang bertugas untuk memberi warna pada rambut.

3. Penyakit autoimun

Auto imun merupakan gangguan kesehatan ketika sistem Kekebalan tubuh tidak bisa menjalankan fungsinya untuk melawan virus serta bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Dalam kasus ini sistem kekebalan tubuh bisa menyerang rambut sehingga menyebabkan hilangnya Pigmen yang berfungsi untuk memberikan warna pada rambut.

4. Kurang asupan vitamin B-12

Vitamin B-12 memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti membantu pembentukan sel darah merah, mengoptimalkan fungsi saraf, menghasilkan energi, serta menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Ketika asupan oksigen ke rambut berkurang, ini dapat melemahkan sel rambut dan mengurangi produksi melanin yang menjadi penyebab munculnya uban.

5. Efek dari produk perawatan rambut

Melansir Medical News Today, penggunaan produk perawatan rambut yang tidak sesuai seperti sampo, pewarna rambut, dan produk lainnya ternyata dapat memicu pertumbuhan uban lebih dini.

Pasalnya, beberapa produk perawatan rambut mengandung bahan kimia hidrogen peroksida yang dapat mengurangi produksi melanin apabila digunakan secara berlebihan.

Tinggalkan Balasan