Benarkah Perut Buncit Merupakan Tanda Kista Ovarium?

Jakarta, KabarBerita.id — Perut buncit sering dikaitkan dengan lemak perut. Padahal ada perut buncit tanda kista ovarium?

Dokter menyebut perut buncit kadang bukan akibat tumpukan lemak tapi tanda kista ovarium.

Padahal perut buncit bisa menandakan masalah kesehatan seperti kista ovarium. Menurut Andon Hestiantoro, dokter spesialis obstetri dan ginekologi, salah satu gejala kista adalah perut membesar atau buncit.

Kista ovarium berarti kista yang tumbuh pada ovarium atau indung telur. Saat kista makin membesar maka ukuran perut pun melebar.

“Mungkin awalnya dikira lemak nih, makan banyak nih. Padahal, padahal tidak. Padahal ada kista di rahimnya,” kata Andon.

Perut buncit kista ovarium tidak menimbulkan gejala berarti. Wanita dengan kondisi ini biasanya tidak memiliki keluhan seperti rasa sakit atau nyeri. Hal ini pun membuat orang abai dan tidak sadar kista semakin membesar.

Kista memang terlihat tidak terlalu bahaya. Namun ketika menjadi ganas, kista bisa berubah jadi kanker dan mengancam nyawa.

Lalu apa penyebab kista ovarium? Andon menjelaskan hingga kini penyebabnya belum diketahui secara pasti.

Sementara itu pertumbuhan kista hingga bikin perut buncit memerlukan waktu lama. Namun tidak ada patokan waktu tertentu sekian bulan atau tahun sebab pertumbuhan kista akan berbeda pada tiap wanita.

“Ada yang bertambah besar setiap bulan, ada yang untuk bertambah besar butuh waktu bertahun-tahun,” kata Andon.

Oleh karena itu perut buncit tak boleh lagi dianggap sepele karena bisa saja perut buncit tanda kista ovarium.

Para wanita sangat dianjurkan untuk cek panggul secara berkala untuk memeriksa potensi kemunculan penyakit.

Tinggalkan Balasan