Belajar Bahasa Jepang Tidak Sulit, Kok!

0
72 views
Belajar Bahasa Jepang

Bahasa Jepang adalah bahasa nasional negara Jepang dan digunakan oleh lebih dari 127 juta orang di dunia. Konon, bahasa ini termasuk salah satu bahasa yang paling rumit selain bahasa Arab, Korea, Cina, dan Kanton. Namun, bukan berarti belajar bahasa Jepang menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan.

Seperti Bahasa Indonesia, bahasa Jepang tidak mengenal gender serta tidak memiliki perbedaan antara kata benda tunggal dan jamak, Yang membuatnya agak sulit dipelajari adalah aksara yang berbeda, grammar, dan pengucapan katanya.

Tips dan Trik Belajar Bahasa Jepang dengan Mudah dan Cepat

Untuk menyiasati kesulitan-kesulitan dalam belajar bahasa Jepang, cobalah tips dan trik berikut ini:

  • Pelajari Aksara dan Cara Melafalkannya.¬†Bahasa Jepang mengenal empat macam aksara, yaitu Hiragana, Katakana, Kanji, dan Romaji. Keempatnya berbeda dalam cara penulisan, pelafalan, dan penggunaannya. Misalnya, hiragana digunakan dalam percakapan sehari-hari, sedangkan katakana dipakai untuk menuliskan kata serapan dari bahasa asing.
  • Mulai dari yang paling mudah.¬†Keempat macam aksara Jepang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Agar lebih cepat menguasainya, pelajarilah secara bertahap mulai dari yang paling mudah yaitu katakana hingga yang tersulit yaitu kanji.
  • Cari Referensi yang Berbeda. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempelajari bahasa Jepang. Karena itu, jangan membatasi diri pada satu cara saja. Cobalah untuk banyak membaca buku tentang belajar bahasa Jepang yang berbeda dan perbanyaklah referensi dari sumber-sumber lain termasuk dari internet.
  • Memperbanyak Praktik. Cara terbaik dalam mempelajari sebuah bahasa adalah dengan memperbanyak praktik, Artinya, Anda harus banyak membaca, mendengar, dan mempergunakannya dalam keseharian.
    Bertemanlah dengan orang-orang yang pintar berbahasa Jepang atau bergabung dalam forum khusus. Anda juga bisa membaca koran berbahasa Jepang dan manga, menonton acara televisi seperti drama atau anime, dan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Jepang.
  • Mengikuti kursus. Mengikuti kursus adalah cara yang paling baik bagi Anda yang betul-betul ingin serius dalam mempelajari bahasa Jepang. Dengan mengkuti kursus, Anda bisa belajar dengan lebih teratur dan terarah, tingkat penguasaannya terukur, serta bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan Anda belajar bahasa Jepang.

Di Mana Sebaiknya Belajar Bahasa Jepang?

Saat ini, tidak sulit menemukan tempat belajar bahasa Jepang, baik secara offline maupun online.

Lembaga Kursus
Belajar melalui kursus offline membuat Anda cepat mahir karena sering berkomunikasi dalam bahasa Jepang. Pilihlah tempat kursus yang didirikan oleh lembaga dari Jepang, memiliki hubungan resmi dengan Pemerintah Jepang, atau tempat kursus yang ada di perguruan tinggi yang memiliki jurusan bahasa Jepang.

Les privat
Belajar Bahasa Jepang secara privat bisa menjadi solusi bagi Anda yang kesulitan dalam menyesuaikan dengan jadwal kursus. Anda bisa tetap berinteraksi secara langsung dan memperbanyak praktik, namun dengan waktu yang lebih fleksibel.

Kursus online
Bagi Anda yang super sibuk, belajar bahasa Jepang juga bisa dilakukan secara online. Anda bisa dengan mudah menemukan situs-situs tempat belajar bahasa Jepang dengan berbagai metode, baik gratis maupun berbayar. Syaratnya, Anda harus disiplin pada diri sendiri.

Aplikasi
Belajar bahasa Jepang secara juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang bisa diunduh secara gratis. Aplikasi-aplikasi tersebut menyediakan fitur untuk belajar kosa kata, tata bahasa, menulis aksara Jepang, sampai cara melafalkan kata yang diajarkan langsung oleh native speaker.

Mempelajari bahasa adalah hal yang sangat mengasyikkan. Orang yang gemar mempelajari bahasa akan memiliki wawasan dan pergaulan yang luas. Jadi, jangan ragu lagi untuk belajar bahasa Jepang karena tidak serumit yang dibayangkan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here