Beberapa Tanda yang Dikeluarkan Tubuh Ketika Terinfeksi Omicron Baru

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Subvarian virus corona penyebab Covid-19 Omicron BA.4 dan BA.5 masih terus menghantui masyarakat. Anda perlu mewaspadai setiap tanda yang dirasakan tubuh.

Ada beberapa tanda yang dikeluarkan tubuh pada saat terinfeksi subvarian ini. Beberapa tanda ini bahkan tak bisa disepelekan.

Siapa saja bisa terinfeksi subvarian ini. Tak cuma orang yang belum menerima vaksin namun juga mereka yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap. Orang yang pernah terinfeksi sebelumnya juga bisa mengalami reinfeksi.

Penyebabnya adalah mutasi yang membuat subvarian ini bisa tak terdeteksi oleh antibodi tubuh yang dibentuk vaksin maupun infeksi alami sebelumnya.

Tak hanya itu subvarian ini juga terdeteksi cukup banyak menyerang kelompok anak. Sebanyak 8-9 persen kasus Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia terjadi pada anak-anak.

Dokter spesialis paru Erlina Burhan dari RSUP Persahabatan mengatakan bahwa pada dasarnya, subvarian ini memicu gejala yang mirip dengan Omicron sebelumnya. Gejalanya sendiri tergolong ringan.

Meski tergolong ringan, bukan berarti Anda tak perlu waspada. Perhatikan tanda-tanda tubuh saat terinfeksi subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 seperti kelelahan, rasa tak enak badan, batuk dan sakit tenggorokan.

Selain itu, Anda juga perlu mewaspadai jika muncul gejala lain seperti demam, mual dan muntah, atau diare.

Hati-hati apabila gejala sesak napas sudah muncul. Itu artinya Anda memasuki tahap paling infeksius, saat virus menyerang jaringan paru-paru.

Erlina menyarankan masyarakat untuk segera melakukan tes SWAB, baik Antigen maupun PCR, saat mulai mengalami gejala-gejala awal seperti di atas. Lebih cepat dideteksi maka infeksi akan lebih mudah untuk diatasi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan