Bawaslu Kendari Tingkatkan Kapasitas Pengawas Pilkada melalui Pelatihan Panwascam

Kendari, KabarBerita.id — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Kendari menggelar pelatihan pengawasan langsung di lapangan untuk seluruh Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang aman dan lancar.

 

Ketua Bawaslu Kota Kendari, Sahinuddin, menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para pengawas Pilkada di Kota Kendari. “Kami melakukan ini untuk memastikan bahwa Pilkada di Kota Kendari dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

 

Menurut Sahinuddin, pelatihan yang berlangsung hingga 21 Juli 2024 ini melibatkan Badan Ad Hoc Bawaslu Kota Kendari serta seluruh Panwascam dari 11 kecamatan di Kota Kendari. Peserta pelatihan diajarkan tentang tata cara pengawasan langsung di lapangan pada setiap tahapan Pilkada yang sedang berlangsung.

 

“Pengawas Kecamatan dilatih untuk memahami cara memetakan potensi kerawanan Pilkada di wilayah masing-masing. Setiap kecamatan mungkin memiliki karakteristik kerawanan yang berbeda, oleh karena itu penting untuk memetakan secara akurat,” jelasnya.

 

Sahinuddin menambahkan bahwa selain memetakan potensi kerawanan, para peserta juga dilatih dalam strategi pencegahan yang efektif dan teknis pelaporan hasil pengawasan. Tujuannya adalah agar Panwascam dapat mengantisipasi dan mencegah berbagai pelanggaran atau kecurangan selama proses pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, serta Gubernur dan Wakil Gubernur.

 

Dengan pelatihan ini, Bawaslu Kota Kendari berharap agar pengawasan Pilkada dapat dilaksanakan dengan profesional dan menjaga integritas serta transparansi dalam setiap langkahnya. Hal ini diharapkan dapat memastikan keberlangsungan demokrasi yang berkualitas di Kota Kendari.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai timeline dan proses Pilkada Serentak 2024 di Kota Kendari, dapat diakses melalui kanal resmi Bawaslu Kendari.

Tinggalkan Balasan