Berita  

Barca Kalahkan Bilbao Dua Gol Tanpa Balas

BILBAO, Kabarberita.id – Barcelona masih tak terkalahkan di La Liga. Satu gol dari Lionel Messi dan Paulinho membawa Blaugrana menang 2-0 saat bertandang ke Athletic Bilbao.

Bertandang ke San Mames, Minggu (29/10/2017) dinihari WIB, Barcelona cukup banyak tertekan di babak pertama. Tapi kesigapan Marc-Andre ter Stegen menjaga gawang mereka tetap aman.

Barcelona sudah mendapatkan peluang di menit keenam, saat Lionel Messi menyambar bola hasil sapuan pertahanan Bilbao. Tapi tendangan Messi cuma tepat ke arah kiper.

Bilbao balas mengancam di menit ke-18. Inaki Williams menusuk di sisi kanan dan melepaskan umpan silang yang ditanduk Aritz Aduriz. Sundulannya masih terlampau lemah dan mudah untuk ditangkap Marc-Andre ter Stegen.

Bilbao kembali mendapatkan kesempatan semenit berselang. Dari situasi tendangan bebas, Eneko Bóveda mengoper pendek ke Williams yang tak terkawal dengan baik. Hanya saja sepakan Williams melebar dan disapu oleh pertahanan Barcelona.

Tekanan untuk Barcelona berlanjut. Aduriz menerima bola dalam posisi bebas dan tinggal menghadapi Ter Stegen. Tapi dia gagal menuntaskannya jadi gol, usai sepakan mendatarnya terbaca dan diamankan kiper Barcelona tersebut.

Barcelona keluar dari tekanan dan langsung nyaris memetik keunggulan di menit ke-21. Dari skema serangan yang bagus, Messi menerima sodoran dari Luis Suarez dan merangsek ke dalam kotak penalti. Dia dengan lincah melewati kiper Kepa Arrizabalaga, tapi sepakannya ke arah gawang kosong malah cuma menghantam tiang.

Tiga menit kemudian giliran Ivan Rakitic yang menebar ancaman. Sepakannya dari jarak jauh masih terlalu mudah ditahan Kepa.

Barcelona memimpin di menit ke-36. Jordi Alba melepaskan umpan silang dari kiri dan disambar Messi. Bola meluncur melewati Kepa.

Empat menit kemudian, Barcelona nyaris menggandakan keunggulan. Paulinho menyambar umpan Messi, namun bola dimentahkan mistar gawang. Tak ada gol lain sampai babak pertama berakhir.

Bilbao juga punya peluang yang gagal oleh mistar gawang. Pada menit ke-53, sundulan Raul Garcia menyambut umpan Inigo Cordoba mental di mistar.

Andre Gomes melakukan tusukan bagus di menit ke-61, untuk mencoba menyambar umpan terobosan Messi. Namun upayanya diblok Unai Nunez.

Upaya lain dari Bilbao di menit ke-78. Sepakannya masih bisa diamankan Ter Stegen dengan nyaman.

Umpan lambung Benat Etxebarria dari sepak pojok di sisi kiri ditanduk Aduriz di dekat tiang dekat. Ter Stegen melakukan penyelamatan gemilang dengan satu tangan untuk menghalau bola.

Barcelona mendapatkan kesempatan dari bola mati di menit ke-90, tak jauh dari kotak penalti. Eksekusi Messi masih melesat tipis di atas gawang Bilbao.

Pada menit ke-93 alias menit terakhir masa injury time, Barcelona menggandakan gol sekaligus mengunci kemenangan. Dari serangan balik, Messi di tengah mengoper ke Suarez di kiri.

Suarez melepaskan sepakan mendatar, tapi bisa diantisipasi oleh Kepa. Bola pantul lantas bergulir ke sisi kanan kanan dan dicocor Paulinho ke gawang yang sudah kosong. Barcelona menang 2-0 atas Bilbao.

Berkat kemenangan ini, Barcelona masih kukuh di puncak klasemen dengan nilai 28 dari 10 pertandingan. Skuat asuhan Ernesto Valverde belum terkalahkan, memetik sembilan kemenangan dan satu kali berimbang. Barcelona sementara unggul empat angka dari Valencia di tempat kedua. Sementara Bilbao tertahan di urutan 11 dengan 11 angka.

Susunan pemain:

Bilbao: Kepa; Boveda, Laporte, Nunez, Lekue; San Jose (Beñat 68′), Iturraspe; Williams, Raul Garcia, Williams (Susaeta 83′); Aduriz

Barcelona: Ter Stegen; Sergi Roberto, Pique, Umtiti, Alba; Rakitic, Busquets, Paulinho; Messi, Suarez, Gomes (Semedo 83′) 

Tinggalkan Balasan