Bantu tangani Covid Negara Berkembang,China Sumbang Rp43,4 T

  • Bagikan
Presiden China

Jakarta, KabarBerita — Bagi negara miskin dan berkembang yang tengah hadapi pandemi covid 19, China janjikan untuk berikan tambahan bantuan hingga Rp43,4 T.

Tersebut diumumkan secara langsung oleh Presiden China XI jinping dalam pertemuan virtual,Jumat (16/7) bersama para pemimpin negara anggota APEC.

Melansir dari kantor berita xinhua, Xi menuturkan bahwa bantuan tersebut demi dukung penanganan covid19 juga pemulihan sosial ekonomi di negara berkembang untuk 3 tahun kedepan.

Selain itu dalam pidatonya, Xi juga menyampaikan bahwa berbagai langkah sudah dilakukan China seperti menyumbangkan 500 juta dosis vaksin demi bantu penanganan pandemi secara global.

Namun,berdasarkan AFP,banyak pihak yang menganggap bahwa banyaknya kecaman terkait sikap tidak terbuka China dalam penyelidikan asal-usul virus Corona yang membuat China berusaha menunjukkan citra pahlawan dengan memberikan berbagai bantuan.

Peneliti who telah menghabiskan 4 minggu pada Februari lalu di Wuhan demi meneliti asal-usul virus Corona bersama para peneliti di China.akan tetapi banyak pihak yang merasa kecewa lantaran penyelidikan tersebut dinilai tidak memberikan informasi baru.

Pada misi itu kepala tim peneliti WHO juga mengeluh kesulitan dalam mencari data selama penyelidikan karena batasan dari pihak China.

Banyak para ilmuwan yang menuntut penyelidikan lebih lanjut terutama penyelidikan di Institut Virologi Wuhan.Oleh karenanya WHO kini telah merencanakan penyelidikan fase kedua.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan