Bantu Operasi Salvage Nanggala, TNI AL Ucapakan Terima Kasih pada AL China

  • Bagikan
PLA Navy China

Jakarta, KabarBerita.id — Sebanyak 20 kali penyelaman telah dilakukan oleh Angkatan Laut China atau PLA Navy dalam upaya membantu Operasi salvage Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Nanggala-402. Dalam operasi tersebut telah berhasil mengangkat material-material penting KRI Nanggala-402.

Oleh karena itu, dalam siaran pers Kamis (3/6) TNI AL diwakili oleh Kepala Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Komando Armada II, Laksamana Pertama TNI I Gung Putu Alit Jaya menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada PLA Navy yang telah mengirimkan 3 kapalnya. Juga tak lupa menyampaikan permohonan maaf apabila ada ketidaknyamanan yang dirasakan selama melaksanakan operasi.

Ucapan terima kasih tersebut disampaikan pada rapat pengakhiran yang dihadiri oleh Senior Kolonel Chen Yongjing selaku Atase Pertahanan (Athan) China untuk RI, mewakili pemerintah Tiongkok. Rapat tersebut juga disaksikan oleh seluruh komandan kapal Angkatan Laut Cina melalui vicon.

Kerjasama antar keduanya disebut sebagai bukti nyata dari persahabatan yang kuat antara angkatan laut sedunia atau biasa disebut dengan “Seaman brotherhood”. Juga sebagai bentuk kerja sama hubungan bilateral antar angkatan laut.

Menurut I Gung Putu, kegiatan tersebut bagi TNI AL merupakan sebuah pengetahuan dan referensi untuk kedepannya.

Dalam operasi tersebut semua pihak telah berupaya mengumpulkan sebanyak-banyaknya bukti berupa dokumentasi foto atau video dan juga mengangkat beberapa bagian dari KRI Nanggala.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan