Berita  

Bahayanya Konsumsi Vitamin C Terlalu Banyak

Vitamin C

Jakarta, KabarBerita.id — Di masa pandemi covid-19 saat ini vitamin C banyak diburu oleh masyarakat. Hal tersebut karena vitamin C dinilai memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh terutama dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengonsumsi Vitamin C memang aman untuk hampir semua orang. Namun penambahan suplemen vitamin C di dalam makanan dapat menyebabkan efek samping buruk seperti kram perut,mual, dan muntah. Apalagi jika terlalu banyak mengonsumsi vitamin C maka kemungkinan terjadinya efek samping akan semakin meningkat.

Menurut National Institutes of Health, jika dikonsumsi dengan obat atau suplemen lain vitamin C dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti dapat mengurangi kemanjuran dari kemoterapi bagi orang yang menjalani pengobatan kanker.

Konsumsi suplemen vitamin C secara berlebihan juga dapat memicu munculnya penyakit batu ginjal. Tubuh kita biasanya dapat menghilangkan kelebihan vitamin C melalui urine. Akan tetapi jika di dalam tubuh terdapat banyak vitamin C maka kadar oksalat dapat meningkat dan mengkristal di dalam urine yang menyebabkan batu ginjal.

Menurut saran para ahli yang dilansir dari Health Digest, Ahad (9/5), kita sebaiknya mengurangi mengonsumsi suplemen vitamin C dan menggantinya dengan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran akan meningkatkan kadar vitamin C secara alami.

Akan tetapi jika kita masih harus tetap mengonsumsi suplemen vitamin C disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebagai upaya antisipasi jika terjadi efek samping buruk.

Tinggalkan Balasan