Bahaya Makan Fried Chicken Secara Rutin Menurut Ahli

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Fried chicken atau ayam goreng disukai banyak orang, baik anak-anak juga dewasa. Tapi walaupun rasanya lezat, yang namanya makanan cepat saji pasti memiliki efek samping buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin.

Dilansir dari laman Eat This pada Kamis (11/2) berikut efek negatif terlalu sering makan fried chicken menurut ahli.

1. Meningkatkan kadar kolesterol

Ahli diet asal Amerika Serikat, Ashley Kitchens mengatakan bahwa mengonsumsi fried chicken setiap hari akan meningkatkan kadar kolesterol. Karena, minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan mengandung lemak trans, yang telah terbukti meningkatkan LDL (jenis kolesterol jahat).

LDL dapat menumpuk di arteri dan memicu penyempitan seiring waktu, sehingga bisa menyebabkan penyakit jantung yang disebut aterosklerosis. Menurut Klinik Cleveland, kadar kolesterol total yang sehat untuk pria dan wanita berusia 20 tahun ke atas berada dalam kisaran 125 mg/dL sampai 200 mg/dL. Tingkat LDL tidak boleh melebihi 100 mg/dL untuk wanita atau pria.

2. Memicu obesitas

Makanan cepat saji seperti fried chicken bisa berpotensi besar menambah berat badan. Ini karena makan yang digoreng, entah ayam atau ikan, secara inheren mengandung lebih banyak kalori daripada makanan yang tidak digoreng. Fried chicken sendiri diperkirakan memiliki 200 hingga 369 kalori ekstra.

3. Meningkatkan risiko diabetes tipe 2

Fried chicken bisa memicu peningkatan kolesterol, dan karenanya berpotensi meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Ada juga sains yang mendukungnya, misalnya, sebuah studi tahun 2014 mengungkapkan bahwa konsumsi fried chicken terkait dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2.

4. Mengubah mood

Makanan yang dikonsumsi bisa juga berpengaruh pada mood. Sekitar 95 persen dari suplai serotonin (hormon perasaan senang) tubuh kita diproduksi oleh bakteri usus di saluran gastrointestinal (GI). Saluran pencernaan juga dilapisi dengan jutaan sel saraf disebut neuron, yang membantu mencerna makanan dan mengatur suasana hati Anda. Berapa banyak serotonin yang dihasilkan usus Anda sebagian besar didasarkan pada seberapa banyak bakteri baik yang menyusun mikrobioma usus Anda.

Nah, makan fried chicken secara rutin dapat menyebabkan lebih banyak bakteri jahat yang kemudian dapat menyebabkan lebih banyak peradangan dalam tubuh. Ini juga dapat menghambat produksi serotonin di usus dan kemudian dikomunikasikan dengan otak.

5. Meningkatkan risiko kematian

Percaya atau tidak, fried chicken bisa meningkatkan risiko kematian. Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal medis BMJ, wanita yang mengonsumsi satu porsi fried chicken sekali sehari memiliki risiko kematian 13 persen lebih tinggi, dibandingkan dengan wanita yang tidak makan makanan gorengan.

Karena itulah, penting untuk membatasi konsumsi fried chicken. Idealnya, makan fried chicken satu kali saja dalam seminggu agar pencernaan dan tubuh menjadi lebih sehat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan