Bagaimana Cara Merawat Pasien Covid-19 di Rumah?

Petugas medis berpose usai melaksanakan tes swab COVID-19 di Stasiun Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat, Senin (11/5/2020).

Jakarta, KabarBerita.id – Isolasi di rumah menjadi salah satu opsi utama yang perlu dilakukan ketika terpapar virus corona (Covid-19) tapi tanpa gejala atau gejala ringan. Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2 yang sangat mudah menyebar melalui droplets. Sehingga, beberapa hal perlu diperhatikan bagi anggota keluarga atau rekan ketika membantu proses penyembuhan orang yang terpapar Covid-19 di rumah.

Ketika merawat seseorang dengan Covid-19, orang di sekitar perlu membantu pasien mengikuti saran dokter, termasuk untuk tetap berada di dalam rumah.

Keluarga atau rekan juga perlu mengingatkan pasien banyak istirahat dan meminum banyak air.

Selain itu, makanan yang lembut serta berkalori tinggi perlu disiapkan karena Covid-19 kerap membuat penderitanya kehilangan nafsu makan.

Pasien juga bisa mengonsumsi obat-obatan yang sudah biasa dikonsumsi apabila mengalami demam dan kurang enak badan.

Hal lain tak kalah penting adalah membantu pasien membatasi keluar rumah. Sangat dianjurkan untuk menggunakan layanan antar untuk membeli kebutuhan sehari-hari serta obat.

Ketika pasien bersama anggota keluarga terpaksa keluar rumah sangat dianjurkan untuk membuka jendela kendaraan dan duduk terpisah. Kendaraan jangan lupa dibersihkan setelah digunakan.

Selama proses perawatan, orang sekitar perlu memerhatikan kondisi pasien seperti gejala yang tak menghilang, terus demam dan mulai kesulitan bernafas.

Satu hal lain yang perlu diperhatikan adalah memberikan dukungan mental dan emosi karena proses penyembuhan bisa membuat pasien stres dan merasa kesepian.

Pihak keluarga atau rekan yang merawat juga perlu memperhatikan diri sendiri untuk tetap sehat. Masker harus tetap dikenakan ketika merawat, termasuk sebisa mungkin terus jaga jarak 1 meter.

Apabila hanya memiliki satu kamar mandi, maka harus selalu dilakukan disinfeksi baik sebelum maupun sesudah penggunaan. Jangan lupa mencuci tangan dengan sabun serta menghindari memegang mata, hidung, dan mulut.

Benda-benda yang paling sering dipegang, seperti gagang pintu, sakelar, remote juga selalu dibersihkan. Anggota keluarga juga disarankan untuk tidak menggunakan peralatan makan yang sama untuk sementara waktu.

Saat merawat pasien Covid-19 diharapkan tak menerima tamu ke dalam rumah.

Dua hal penting lainnya adalah tetap memperhatikan kesehatan diri sendiri dan mengenal gejala-gejala Covid-19. Anggota rumah juga diharapkan bisa mengurangi bahkan tidak keluar rumah selama 14 hari dari hari terakhir berhubungan langsung dengan pengidap Covid-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here