Bagaimana Bisa Kolestrol Tinggi Picu Serangan Jantung?

Jakarta, KabarBerita.id — Kolesterol dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya. Akan tetapi kadar kolesterol yang tinggi justru dapat memicu serangan jantung.
Ahli kardiovaskular, Bruce Andrus mengatakan bahwa kolesterol merupakan hal yang penting dalam penyusunan sel tubuh.

Kolesterol adalah senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi membran sel dan hormon.
pada dasarnya kolesterol diproduksi oleh hati, namun juga bisa dari asupan makanan seperti produk Hewani.

Ada dua jenis kolesterol, diantaranya adalah kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL). Terlalu banyak kolesterol jahat dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai masalah.

Kolesterol tinggi dapat memicu serangan jantung yang disebabkan adanya penimbunan lemak di arteri akibat tingginya kadar kolesterol.
Ketika lemak menumpuk maka darah menjadi lebih sulit mengalir dan dapat menyebabkan serangan jantung.

Untuk mencegahnya perlu menjaga kadar kolesterol tetap normal yakni di bawah 200 mg/dL. Kolesterol dinyatakan tinggi apabila melebihi 240 mg/dL.

Kolesterol tinggi merupakan salah satu dari beberapa faktor resiko penyakit jantung. Lakukan langkah berikut untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal dan terhindar dari serangan jantung.

1. Diet sehat
Mengkonsumsi makanan sehat merupakan salah satu langkah yang penting untuk menjaga kesehatan jantung seperti mengkonsumsi sayur dan Biji-bijian.

2. Rutin olahraga
American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk melakukan setidaknya 75 min olahraga intensitas tinggi atau 150 min olahraga intensitas sedang dalam sepekan.

3. Jaga berat badan
Kelebihan berat badan dapat meningkatkan resiko penyakit. Melakukan diet sehat serta olahraga yang dapat membantu untuk menjaga berat badan tetap ideal.

4. Kelola stres
Stres yang dibiarkan akan memicu masalah pada sistem kardiovaskular. Melakukan meditasi untuk memberikan rasa tenang atau konseling dengan ahli apabila diperlukan.

5. Berhenti merokok
Merokok dapat membuat darah lebih mudah menggumpal. Jadi dengan berhenti merokok dapat membantu mencegah penggumpalan yang menyebabkan serangan jantung.

6. Minum obat kolesterol sesuai resep
Obat obatan dapat membantu seseorang dalam mengontrol kadar kolesterol. Kombinasikan dengan kaya hidup sehat untuk membantu mencegah kolesterol tinggi yang dapat memicu serangan jantung.

Tinggalkan Balasan