Baca Buku 15 Menit Sehari Bantu Sehatkan Otak

  • Bagikan
Ilustrasi membaca buku

Jakarta KabarBerita.id — Usaha dalam mengoptimalkan kesehatan otak tidak bisa hanya dilakukan sekali saja. Para ahli menyatakan bahwa perlu adanya intervensi tiap harinya serta pendekatan holistik secara seimbang supaya otak tetap tajam.

Menurut ahli saraf Kristen Willeumier, PhD, Perubahan gaya hidup yang sederhana tapi jika dilakukan dengan konsisten bisa mendukung kesehatan otak kita seumur hidup. Salah satu aktivitas sederhana yang bisa dilakukan ialah dengan cara melakukan aktivitas seperti membaca buku setidaknya 15 menit per harinya.

“Orang-orang bisa memilih buku apapun untuk dibaca selama 15 hingga 30 menit,” terangnya.

Banyak diantara kita yang mungkin sering kali membaca teks di media sosial atau membaca artikel singkat. akan tetapi menurut para ahli hal tersebut merupakan pengalaman membaca yang berumur pendek.

Demi membiasakan diri dengan karakter serta belajar sesuatu yang baru, Willeumier memberikan saran untuk kita tenggelam dalam membaca halaman-halaman buku. Hal tersebut membuat otak kita dapat belajar sehingga membentuk peta kognitif.

“Jika seiring bertambahnya usia kita semakin banyak membaca maka otak kita akan tetap tajam,” jelas Willeumier.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, terdapat hasil bahwa dari membaca bacaan yang menarik bisa meningkatkan fungsi memori kita dimasa tua.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan