Awas Tuli Mendadak Karena Sering Pakai Earphone

Jakarta, KabarBerita.id — Earphone Menjadi perangkat yang akrab dengan kehidupan sehari-hari akan tetapi pemakaian berlebihannya dapat Berujung pada masalah kesehatan.

Barubaru ini seorang gadis berusia 18 tahun viral TikTok karena disebut mengalami stroke setelah sebelumnya mengeluhkan sakit telinga berkepanjangan. Diklaim bahwa salah satu penyebab nya adalah penggunaan earphone yang dilakukan setiap hari.

Merespons kabar tersebut dokter spesialis saraf di Brawijaya Hospital Saharjo, Zicky Yombana mengatakan pada dasarnya penggunaan earphone tidak berhubungan dengan stroke.

Ia mengatakan pemakaian headset bisa menimbulkan kerusakan bulu getar, gendang telinga atau bagian struktur terima lain namun tidak menimbulkan stroke.

Ia menjelaskan stroke yang dialami gadis berusia 18 tahun tersebut sebagai sudden deafness atau tuli mendadak.

Tuli mendadak bisa dipicu oleh penggunaan earphone yang merusak struktur telinga yang kemudian memicu Tuli mendadak.

Sementara itu apabila pasien mengalami keluhan pendengaran dan gangguan keseimbangan seperti vertigo, Hal tersebut berarti ada kerusakan yang terjadi di area pusat pendengaran pada otak dan keseimbangan.

Zicky mengatakan, gangguan pendengaran terbagi menjadi dua jenis yaitu gangguan konduksi dan gangguan Sensorineural.

Gangguan konduksi berarti gangguan pada struktur organ dalam telinga termasuk tulang pendengaran, rumah Siput dan gendang telinga. Karena ada gangguan pada struktur telinga maka Hantaran suara tidak bisa diterima dengan baik oleh otak.

Sementara gangguan Sensorineural, konduktor atau jalur Hantaran suara dalam kondisi baik. Namun kerusakan sensor mengakibatkan sinyal suara tidak bisa diterima jadi bunyi ditelinga.

Kemudian apa saja yang harus diperhatikan ketika menggunakan earphone?

Zicky menyarankan masyarakat memperhatikan volume dan durasi pemakaian. Volume tidak terlalu kencang dan digunakan selama empat jam.

Selain durasi sewa Jarnya pasang juga volume yang tidak berlebihan.

Setidaknya masih bisa mendengar suara di luar ketika menggunakan earphone.

Tinggalkan Balasan