Berita  

Awas Ada Supermoon, Warga Di Daerah Ini Diminta Waspada

Jakarta, KabarBerita.id — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) memberikan peringatan dini mengenai pasang maksimum air laut di beberapa wilayah Indonesia untuk beberapa hari ke depan.

Kondisi pasang maksimum air laut ini disebutkan karena adanya fenomena supermoon (posisi perigee atau jarak terdekat bulan terhadap bumi) disertai dengan bulan purnama. Peringatan ini berlaku mulai Sabtu (19/1/2019) hingga Selasa (22/1/2019).

Adapun wilayah tersebut antara lain: Pesisir utara Jakarta Pesisir utara Jawa Tengah Pesisir utara Jawa Timur Pesisir Cilacap Pesisir Tanjung Benoa, Bali Pesisir Kalimantan Barat Pesisir Makassar Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap fenomena alam ini.

Menurut BMKG, kondisi ini juga dapat berdampak terhadap terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam, dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

Selain itu, masyarakat diminta untuk selalu memantau perkembangan cuaca melalui situs resmi BMKG atau situs maritim BMKG, media sosial BMKG, dan aplikasi BMKG yang dapat diunduh di smartphone. Peringatan pasang maksimum ini juga disampaikan pihak BMKG melalui akun resmi Intsgramnya

Tinggalkan Balasan