Asap Bakar Sampah dapat Sebabkan Gangguan Napas hingga Kanker

Jakarta, KabarBerita.id — ketika sedang asik menikmati udara pagi tiba tiba Tercium bau sampah. Apa bahaga asap bakar sampah?
Tidak hanya baunya yang mengganggu, bau asap juga bisa berbahaya untuk kesehatan.
Dikutip berbagai sumber, berikut beberapa bahayanya.

Pembakaran sampah akan menghasilkan karbonmonoksida. Ketika karbonmonoksida terhirup dan masuk saluran Pernapasan maka akan mengganggu fungsi kerja hemoglobin atau sel darah merah yang semestinya mengangkut serta mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

kekurangan oksigen ini dapat menimbulkan kematian. Setelah 1 t sampah yang dibakar akan berpotensi menghasilkan gas karbonmonoksida sebanyak 30 kg. Hasil pembakaran sampah yang mengandung klorin dapat menghasilkan 75 jenis zat beracun yang berbahaya untuk kesehatan.

pembakaran sampah di area terbuka dapat menghasilkan Particle debu halus yang berbahaya. Ukuran partikel debu ini mencapai level PM 10 (10 mikron) artinya ukuran debu halus. Dengan level ini, partikel debu ini tidak dapat disaring oleh alat pernapasan manusia. Akibatnya, partikel debu asap bakaran sampah bisa masuk ke paru-paru dan mengakibatkan gangguan pernapasan.

Gangguan kesehatan yang muncul karena asap bakar sampah antara lain batuk, Mata merry dan bearer, Ruam atau iritasi, Sakit Kepala, Asma kambuh, Hidung perih dan bau asap akan menempel kuat.

bahaya asap bakar sampah lainnya berpotensi menjadi penyebab kanker dan iritasi. Asap dari pembakaran sampah mengandung benzopirena atau gas beracun penyerang jantung sebanyak 350 kali. Zat ini disebut-sebut sebagai biang keladi penyebab kanker dan hidrokarbon berbahaya (seperti asam cuka) penyebab iritasi.

Selain menjadi penyebab kanker bahaya asap bakar sampah juga berpotensi menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan hati, sistem kekebalan tubuh serta sistem reproduksi.

Tinggalkan Balasan