Berita  

Asam Jawa dengan 3 Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan

Jakarta, KabarBerita.id — Asam jawa ternyata memiliki peranan penting dalam pengobatan tradisional.Disajikan dalam bentuk minuman, asam jawa biasa digunakan untuk pengobatan seperti diare, sembelit, demam, serta tukak lambung. Daun dan kulit kayunya juga bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka.

Asam jawa mengandung banyak nutrisi. Buah ini terdiri dari vitamin B1 (thiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin C, vitamin K, vitamin B6 (piridoksin), folat, vitamin B5 (asam pantotenat), magnesium, kalium, zat besi, kalsium, fosfor, dan lainnya.

Serat, protein dan lemak juga terkandung di dalam asam jawa.
Sayangnya bagi orang yang biasa mengontrol asupan kalori, asam jawa kurang cocok untuk dikonsmusi karena memiliki kalori yang cukup tinggi dibanding dengan banyak buah lainnya.

Asam jawa memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti:

1. Menyehatkan jantung

Polifenol seperti flavonoid yang terkandung di dalamnya, beberapa di antaranya dapat membantu mengatur kadar kolesterol.

Antioksidan pada buah ini juga mampu membantu mengurangi kerusakan oksidatif pada kolesterol LDL sebagai pendorong utama penyakit jantung

2. Menurunkan tekanan darah

Tingginya magnesium didalamnya dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Magnesium memiliki banyak manfaat kesehatan serta berperan banyak dalam membantu fungsi tubuh.Magnesium juga memiliki efek anti-inflamasi dan anti-diabetes.

3. Memiliki efek antibakteri

Senyawa alami yang dimiliki ekstrak asam jawa memiliki efek antimikroba.Telah dilakukan penelitian dimana tanaman ini mungkin memiliki aktivitas anti jamur, antivirus, dan antibakteri.

Pengobatan penyakit seperti malaria yang dilakukan dalam pengobatan tradisional juga menggunakan asam jawa sebagai penawarnya.

Kita bisa menikmati buah ini dengan beberapa cara.Yakni dengan hanya memakan buah dari polong mentahnya,atau digunakan untuk membuat bumbu seperti sambal.

Selain itu, kita dapat menggunakan daging buah asam jawa beku tanpa pemanis untuk memasak,serta bisa digunakan pada hidangan gurih sebagai pengganti lemon.

Tinggalkan Balasan