Apakah Popcorn Termasuk Makanan Sehat?

Jakarta, KabarBerita.id — Berondong jagung (popcorn) sebagian besar dikaitkan dengan pengalaman menonton film. Item makanan ini sekarang juga tersedia dalam berbagai rasa.

Namun, banyak yang tidak mengetahui bahwa popcorn kaya akan nutrisi sehat. Menurut analisis 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Antioxidants, berondong jagung kaya akan polifenol. Polifenol ini merupakan senyawa yang ditemukan pada tanaman.

Seperti yang dilansir dari Indian Express, Rabu (27/11), polifenol bertindak sebagai antioksidan dan mengurangi peradangan. Buah-buahan dan sayuran mengandung banyak air. Itulah sebabnya polifenol ditemukan dalam bentuk encer. Polifenol ditemukan dalam bentuk yang lebih pekat dalam berondong jagung.

Menurut American Institute for Cancer Research, polifenol yang memiliki kemampuan memblokir enzim diperlukan sel kanker untuk pertumbuhan. Meskipun mengonsumsi buah-buahan dan sayuran memiliki banyak manfaat kesehatan, camilan berondong jagung juga bisa menyehatkan.

Membantu mengurangi sembelit. Kaya akan serat, berondong jagung adalah biji-bijian utuh yang mencegah sembelit. Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, berondong jagung dapat meningkatkan keteraturan usus.

Menurut penelitian 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Circulation, makanan berserat tinggi seperti berondong jagung tidak mengandung terlalu banyak karbohidrat yang dapat dicerna. Karena itu berondong jagung aman untuk pasien diabetes. Namun tetap saja, lebih baik memeriksakan ke dokter terlebih dulu.

Berondong jagung merupakan sumber zat besi yang baik. Jadi bersamaan konsumsi sayuran harian, mungkin coba makan beberapa berondong jagung juga. Wanita memerlukan lebih banyak zat besi, jadi bisa sangat bermanfaat bagi mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here