Apakah Hanya Anak yang Rentan Terkena Penyakit Hepatitis Akut Misterius?

  • Bagikan
Beberapa Cara Sederhana Demi Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh Anak

Jakarta, KabarBerita.id — organisasi kesehatan dunia dan kementerian kesehatan telah meminta masyarakat untuk waspada terhadap kasus hepatitis akut misterius. Usia berapa yang rentan terkena penyakit hepatitis misterius?

Belum lama ini publik dikejutkan dengan kematian tiga pasien yang diduga akibat hepatitis akut misterius.

Dugaan ini muncul karena saat ini penyakit hepatitis akut yang belum diketahui penyebab nya telah ditetapkan sebagai kejadian luar biasa oleh badan kesehatan dunia atau WHO.

Timbul kekhawatiran akan adanya penularan penyakit misterius ini. namun Hanifah Ossuary selaku guru besar kesehatan anak bidang Gastrphepatologi, mengatakan sejauh ini kelompok yang banyak terpapar adalah usia anak anak.

Ia mengatakan bahwa kasus ini terus diteliti dan pasien yang terkena penyakit ini paling tua berusia 16 tahun dan tidak ada yang lebih. Di negara Inggris penyakit ini kebanyakan dialami oleh anak anak dengan usia di bawah lima tahun.

Di Indonesia sendiri tiga pasien yang meninggal berusia 2 tahun, 8 tahun dan 11 tahun. Nadia Tarmizi selaku jurubicara vaksinasi covid-19 kemenkes mengatakan semua pasien tersebut negatif Covid-19.

Ketika tiba di RSCM, ketiga pasien tersebut sudah dalam kondisi stadium lanjut sehingga hanya memiliki sedikit waktu untuk melakukan tindakan. Melihat kondisi pasien gejalanya serupa dengan hepatitis akut yang sedang ramai dibicarakan.

Sejauh ini WHO telah melaporkan terdapat 228 kasus hepatitis akut misterius yang dilaporkan sejumlah negara termasuk Inggris, Amerika Serikat, Irlandia utara, Spanyol dan Asia.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan