Apakah Cuka Bisa Menyembuhkan Gondongan? Mitos atau Fakta?

Jakarta, KabarBerita.id — Ada anggapan bahwa cuka dapat menyembuhkan gondongan. Namun, para ahli medis mengonfirmasi bahwa ini adalah kesalahpahaman.

 

Gondongan adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dan sering terjadi pada anak-anak di sekolah. Infeksi ini mempengaruhi kelenjar ludah, terutama di sisi kanan atau kiri wajah, menyebabkan pembengkakan yang tampak jelas pada area pipi dekat leher.

 

Dokter spesialis anak, Anggraini Alam, menjelaskan dalam webinar bersama Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) bahwa gondongan dapat menyebar ke bagian tubuh lain, termasuk organ genital, selain hanya kelenjar ludah dan saluran napas.

 

Meskipun beberapa orang berusaha menggunakan cuka sebagai pengobatan, ini tidak lebih dari sekadar mitos. Menurut dokter Anggi, cuka tidak memiliki efek terapeutik pada gondongan karena penyakit ini disebabkan oleh virus, dan cuka tidak dapat mengobatinya.

 

Pengobatan untuk gondongan fokus pada peredaan gejala. Beberapa metode yang disarankan termasuk mengunyah permen karet atau menghirup aroma jeruk nipis, yang dapat membantu meningkatkan produksi liur dan mengurangi pembengkakan.

Tinggalkan Balasan