Anies Resmikan Gapura Chinatown Glodok yang Sempat Runtuh di Era Jepang

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.jd — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Gapura Chinatown di wilayah Pancoran, Glodok, Jakarta Barat.

Anies mengatakan gapura ini memiliki sejarah panjang. Menurut Anies gapura ini didirikan pada abad ke-18, namun pada zaman kependudukan Jepang gapura tersebut diruntuhkan.

“Era kepemimpinan Jepang gapura itu diruntuhkan, hilang gapura itu sejak zaman Jepang dan sesudah itu gapuranya tidak pernah dibangun kembali,” ungkap Anies di lokasi, Kamis (30/6).

Kemudian, pada tahun 2018 gapura ini kembali direncanakan untuk dibangun kembali. Anies mengatakan saat itu menyerap berbagai aspirasi dari masyarakat mengenai pembangunan ini.

Anies lantas merespons aspirasi warga tersebut untuk membangun kembali gapura di kawasan Pecinan tersebut.

“Dan hari ini alhamdulillah 30 Juni 2022 Gapura Chinatown resmi ditegakkan di tempat ini,” ungkap Anies.

Konsep rancangan Gapura Chinatown Jakarta ini berbeda dari yang lain. Bangunan ini bertekstur unsur batu berwarna abu-abu, dihiasi coklat genteng, serta unsur warna hijau perpaduan warna budaya Betawi dengan tulisan berwarna coklat kayu.

“Bisa kita lihat keunikannya, di sini terlihat tidak ada unsur warna merah atau kuning seperti gapura-gapura kawasan Pecinan pada umumnya. Itulah pembeda utama Gapura Chinatown Jakarta dengan gapura-gapura pada umumnya,” ujar Anies.

Anies berharap, gapura ini dapat menjadi salah satu simbol persatuan dan kesetaraan warga di Jakarta. Oleh karena itu, ia meminta seluruh warga merawat hal ini.

“Peresmian ini menjadi pengingat kita bersama bahwa keberagaman yang ada di sekitar kita adalah karunia dari Yang Maha Kuasa, sedangkan persatuan adalah ikhtiar kita bersama. Hal ini harus kita rawat bersama-sama,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan