Anies Klaim Hanya 15 Persen Wilayah Jakarta yang Terkena Banjir

Jakarta, KabarBerita.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengemukakan, hanya15 persen wilayah Jakarta yang terendam banjir pada 1 Januari 2020.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Juaini Yusuf di Balai Kota Jakarta, Senin, kemudian menyatakan persentase itu menunjukkan bahwa dalam konteks banjir, DKI telah siap dari awal.

Kini Pemprov DKI Jakarta mengantisipasi banjir susulan mengingat Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadinya cuaca buruk di Jakarta dalam sepekan sejak hujan lebat tanggal 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 yang menyebabkan banjir.

Untuk mengantisipasi banjir susulan, DKI 
Jakarta masih mengandalkan mesin-mesin pompa.

“Seperti juga kemarin, ketika hujan lebat tanggal 31 Desember 2019 dan 1 Januari 2020, maka semua rumah pompa itu berfungsi,” kata Anies.

“Karena itu Alhamdulillah, 85 persen wilayah Jakarta aman dan 15 persen yang terdampak,” katanya.

Menurut Anies, di bawah satu persen yang ketinggian airnya di atas 1,5 meter. “Artinya secara sistem, kesiapan Jakarta baik,” kata dia.

Hujan deras sejak 31 Desember 2019 malam hingga 1 Januari 2020 pagi, mengakibatkan banjir terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Ribuan orang termasuk warga DKI Jakarta harus mengungsi.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pada Minggu (5/1) pukul 16.00 WIB, masih ada genangan di tiga RW. Semuanya terletak di Jakarta Barat dengan jumlah pengungsi  671 jiwa di tujuh lokasi pengungsian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here