Anggota DPD RI Minta Peran Majelis Ulama Diperkuat

Banda Aceh, Kabarberita.id – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Ghazali Abbas Adan meminta peran Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) di Aceh terus diperkuat.

“Eksistensi MPU di Provinsi Aceh harus diperkuat, sehingga kehadiran lembaga tersebut sesuai yang diharapkan,” kata Ghazali Abbas Adan di Banda Aceh, Minggu.

Anggota DPD RI daerah pemilihan Aceh tersebut mengatakan, MPU hadir berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh.

Kehadiran MPU tersebut merupakan kekhususan bagi Aceh. MPU merupakan pilar utama yang berkedudukan sebagai mitra Pemerintah Aceh maupun pemerintah kabupaten/kota di Aceh.

MPU juga merupakan pilar penegakan dan penguatan syariat Islam di Provinsi Aceh. MPU merupakan bagian dari kekhususan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Namun yang terjadi sekarang, banyak program MPU dalam mewujudkan visi dan misinya sebagai lembaga yang diamanahkan konstitusi belum mendapat dukungan fasilitas dan anggaran memadai dari pemerintah daerah,” ketus dia.

Padahal, sebut Ghazali Abbas Adan, Kehadiran MPU merupakan amanah konstitusi. Jadi, pemerintah daerah harus memperkuat peran lembaga ulama tersebut.

“Kami tidak ingin MPU hanya sebagai lembaga menara gading saja. Karena itu, kami berharap pemerintah daerah di Aceh mendukung setiap program MPU,” ujar Ghazali Abbas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here