Alasan Corona, Pergantian Pemain Bola Bisa Lima Kali

Jakarta, KabarBerita.id — International Football Association Board (IFAB), badan yang mengontrol aturan sepakbola, mengizinkan sebuah tim untuk melakukan lima pergantian dalam satu pertandingan ketika kompetisi sepakbola bergulir kembali.

Pandemi virus corona telah melumpuhkan sepakbola di hampir seluruh dunia sejak Maret. Namun, sudah ada tanda-tanda kompetisi akan lanjut kembali sehingga penting untuk menjaga kesehatan para pemain.

IFAB pun mengegolkan permintaan FIFA terkait pergantian pemain di mana satu tim boleh melakukan lima substutisi, dari yang biasanya hanya tiga pemain. Namun terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

Pertama, aturan ini berlaku sementara dan hanya diizinkan untuk kompetisi yang berakhir pada 31 Desember 2020. Artinya, kompetisi-kompetisi musim 2019/20 sudah bisa langsung menerapkan aturan ini. Namun, tidak berlaku untuk liga atau kompetisi musim 2020/21.

Kedua, setiap tim hanya boleh tiga kali menghentikan laga untuk melakukan pergantian. Dengan demikian, jika sebuah tim ingin melakukan lima pergantian pemain, maka hanya bisa dilakukan dalam tiga kali break di tengah laga. Pergantian pemain juga bisa dilakukan saat turun minum.

Ketiga, aturan ini tidak wajib dan tergantung padapihak penyelenggara kompetisi. Sejauh ini, baru RFEF (Federasi Sepakbola Spanyol) yang sudah menunjukkan gelagat untuk menerapkannya di La Liga Spanyol.

Lebih lanjut, IFAB juga mengisyaratkan jika aturan ini mungkin diperpanjang di musim depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here