Akan Kunjungi Ukraina, Jokowi Dilengkapi Helm dan Rompi Antipeluru

Jakarta, KabarBerita.id — Presiden Joko Widodo akan dilengkapi dengan helm dan rompi anti peluru saat bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv akhir Juni mendatang.

Komandan Paspampres Mayjen Tri Budi Utomo mengatakan perlengkapan itu juga untuk semua delegasi Indonesia dan bisa digunakan saat dibutuhkan.

Selain itu ada 39 orang personel juga akan diterjunkan dalam lawatan Jokowi ke Kyiv. Tri mengatakan pasukan yang diterjunkan pernah ditempa di sejumlah pasukan elite TNI antara lain Kopassus, Denjaka hingga Paskhas.

Dia menjelaskan para pasukan elite tersebut telah menjalani latihan penyelamatan khusus untuk kunjungan ke Ukraina. Paspampres pun akan mengirim sepuluh orang di antaranya ke Kyiv hari ini untuk mempersiapkan kedatangan Jokowi.

Tri menyampaikan situasi jelang pertemuan Jokowi dengan Zelensky cenderung aman. Dia memohon doa dan dukungan agar paspampres bisa melaksanakan tugas mengawal Jokowi dengan lancar.

Jokowi akan menjalani rangkaian perjalanan luar negeri mulai 26 Juni 2022. Ia akan berkunjung ke Jerman untuk menghadiri pertemuan G7.

Setelah itu, ia akan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv, Ukraina. Kemdudian Ia juga akan menemui Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, Rusia. Langkah itu diambil dalam upaya mendamaikan kedua negara.

Tinggalkan Balasan