Ahli Terangkan Sebab Demotivasi dan Cara Mengatasinya

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Kehilangan semangat saat bekerja merupakan pertanda diri kita sedang mengalami demotivasi.

Psikolog Graheta Rara Purwasono, M.Psi., dari Universitas Airlangga menjelaskan bahwa demotivasi merupakan kondisi dimana seseorang kehilangan semangat dalam melakukan sesuatu. Kondisi tersebut membuat produktivitas yang terformat kerja menjadi menurun sehingga segala pekerjaan menjadi terhambat.

Menurut grahita terdapat empat cara yang bisa kita lakukan untuk bantu bangkit dari demotivasi.

Pertama, berusaha mencari tahu sumber penyebabnya. Apakah karena beban kerja yang besar atau merasa tidak nyaman dengan lingkungan dan sebagainya.

Kedua, yakni mengisi ulang energi secara tepat dengan beristirahat cukup karena salah satu penyebab demotivasi ialah tidak pernah meluangkan waktu untuk diri sendiri. Sebaiknya kita luangkan sekitar 30 menit hingga 1 jam untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan.

Ketiga, Yakni dengan cara menata ulang kembali tempat kerja sebagai upaya atasi demotivasi. Karena tata letak yang baru dapat ciptakan suasana baru sekaligus bisa membuat suasana hati dan semangat kerja menjadi lebih baik.

Keempat, menanyakan kembali pada diri sendiri terkait tujuan dari bekerja selama ini. Dengan mengingat kembali kita menjadi tahu Apa tujuan kita dan perjuangan apa yang sudah kita lalui demi mendapatkan posisi pekerjaan tersebut sehingga bisa kembali semangat bekerja.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan