Ahli : Kebutuhan Tidur Bergantung Pada Usia

  • Bagikan
Kebutuhan Tidur Bergantung Pada Usia

Jakarta, KabarBerita.id — Kebutuhan tidur bergantung pada seiring dengan bertambahnya usia.Hal tersebut diungkapkan oleh Dr Raj Dasgupta Asisten Profesor Kedokteran Klinis Keck School of Medicine, University of Southern California.

Dasgupta menyatakan,secara umum setiap harinya kebutuhan tidur seseorang ialah 7 hingga 9 jam. Hal tersebut merujuk pada pedoman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS bahwa orang dewasa butuh setidaknya 7 jam perhari untuk tidur.

Apabila tidak terpenuhi maka akan menyebabkan resiko penurunan kesehatan jangka panjang seperti munculnya penyakit demensia, diabetes, obesitas, dan penyakit kardiovaskular.

Dasgupta juga menambahkan bahwa selain resiko tersebut,terdapat pula kondisi psikis yang bisa terganggu seperti munculnya depresi, gangguan bipolar, serta kecemasan akibat kurangnya jam tidur.Oleh karenanya Dasgupta menyarankan untuk sebaiknya kita tidur lebih awal.

Menurut Dr Bhanu Kolla, Profesor Psikiatri dan Psikologi Mayo Clinic, balita membutuhkan waktu tidur 11 sampai 14 jam. Bagi anak usia 6 hingga 12 tahun membutuhkan 9-12 jam.Sedangkan untuk usia remaja membutuhkan waktu tidur 8-10 jam.

Dasgupta menyatakan kualitas tidur merupakan hal penting.Tidur yang nyenyak hingga mencapai tahap rem bisa bantu produktivitas kognisi dan memori menjadi lebih baik sepanjang hari.Akan tetapi kita seringkali meremehkan kebutuhan tidur tersebut.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan