Ahli : Cotton Bud Boleh Buat Korek Kuping Tapi Harus Hati-hati

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Banyak orang yang memilih menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga. Cotton Bud dianggap ampuh dan nyaman untuk menarik kotoran telinga hingga bersih.

Namun, berdasarkan penjelasan dari konsultan telinga, hidung, tenggorokan-bedah kepala leher (THT-KL), Rosydah Rahmawati, penggunaan cotton bud harus dilakukan dengan cara yang hati-hati. Bahkan menurutnya terkadang menggunakan cotton bud bukan malah membersihkan melainkan membuat kotoran telinga menjadi makin dalam.

Rosydah menjelaskan kotoran telinga sebenarnya berada di bagian telinga luar dengan menggunakan cotton bud seringkali melakukan gerakan yang malah mendorong kotoran masuk ke dalam.

“Apabila kondisi kotoran lembek dan sedikit tidak masalah membersihkannya dengan menggunakan cotton bud. Akan tetapi jika kotoran telinga cenderung keras, besar, dan bertumpuk maka akan membuatnya terdorong masuk”

Kemudian pasang menjelaskan cara tepat untuk membersihkan telinga ialah dengan beberapa cara sebagai berikut.

1. Menggunakan obat tetes telinga

Salah satu cara terbaik untuk membersihkan telinga ialah dengan menggunakan obat tetes telinga yang banyak dijual di pasaran. Obat bekerja dengan mudah untuk melunakkan kotoran telinga sehingga dapat dikeluarkan.

Hanya saja kita wajib menggunakan resep dokter untuk penggunaan obat tetes telinga.

2. Mengunjungi dokter THT

Setiap orang memiliki kondisi liang telinga yang berbeda-beda. Oleh karena itu demi mengecek kondisi liang telinga dan kotoran disarankan untuk mengunjungi dokter spesialis THT agar bisa ditangani dan dibersihkan.

3. Membersihkan secara rutin

Untuk jenis kotoran telinga yang cenderung lunak dan banyak kandungan minyaknya maka bisa dilakukan secara mandiri untuk membersihkan dengan menggunakan cotton bud secara hati-hati.

Sementara untuk jenis kotoran telinga yang keras dan menumpuk sebaiknya berkunjung ke dokter spesialis THT setiap enam bulan sekali untuk dibersihkan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan